Asuna, Robot Cantik Siap Kencan

74

TOKYO, WB – Jaman yang sudah kian canggih, terkadang membuat kita hanya bisa geleng-geleng kepala. Bukan apa-apa, terkadang tehnologi makin kedepan makin menghawatirkan. Peran Robot sudah menyisihkan peran dari manusia itu sendiri.    

Tehnologi diciptakan oleh manusia, jelas untuk mempermudah pekerjaan si manusia itu sendiri.Nah di Jepang tepatnya di Tokyo, makin edan lagi. Fungsi robot disana bukan lagi barang baru, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Robot-robot hasil modifikasi disana, ternyata bisa memuaskan manusia dalam berbagai hal, termasuk salahsatunya soal percintaan.     

Pada pameran Tokyo Designers Week, maestro robotik Jepang Profesor Hiroshi Ishiguro memamerkan karya robot terbarunya yang diberi nama Android Asuna. Robot berwujud perempuan cantik ini  mirip abis dengan yang namanya kaum hawa.

Mengutip IB Times, robot Asuna memiliki tekstur kulit yang menyerupai manusia. Bahkan robot ini juga diciptakan dengan kemampuan menampilkan mimik wajah sesuai dengan konteks layaknya manusia.

Tak sedikit pengunjung pameran berdecak kagum dengan penampilan robot Asuna. Bahkan seorang pengunjung mengatakan bahwa robot cantik ini akan membuat kecan menjadi sangat indah dan murah.

Proses kinerja si robot Asuna ini masih  menggunakan kamera kontrol yang ditempatkan di belakang tubuhnya, remote itu yang mampu meniru kepribadian orang yang mengontrol di balik kamera tersebut. Profesor Ishiguro belum menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada robot ciptaannya ini.

Sementara itu, Takeshi Mita, yang juga salah satru CEO dari A-Lab, laboratorium  dan mitra kerja Profesor Ishiguro menjelaskan, robot Asuna yang telah dibekali AI rencananya akan siap dan sempurna dalam 10 tahun ke depan. Edannya, Ia mengkalim kalau robot ciptaanya itu dapat benar-benar menyerupai manusia dan bisa hidup serumah dengan manusia.[]