Google Sediakan Layanan Penyimpanan Foto

70

WARTABUANA – Google meluncurkan aplikasi Google Photos untuk penyimpanan gratis tak terbatas (free unlimited storage) untuk Android, sementara untuk versi iOS dan aplikasi web akan segera diluncurkan.

 

Google Photos dapat secara otomatis mem-backup foto dari ponsel, tablet, PC dan bahkan memori kamera. Foto yang diambil dari kamera berkekuatan hingga 16MP dan video hingga 1080p akan dapat disimpan dengan kualitas asli berkat kompresi yang melindungi detail visual. Sedangkan foto dan video dengan kualitas yang lebih besar akan disimpan dengan kualitas yang hampir sama.

 

Foto dalam Google Photos juga mudah untuk dibagikan. Pengguna dapat mengirim foto, kemudian penerima hanya perlu membuka browser web mereka, tanpa harus log in atau membutuhkan aplikasi tertentu. Penerima juga dapat dengan mudah meng-copy foto.

 

Google Photos menggunakan sejumlah teknologi pengenal gambar untuk membantu pengguna mencari sebuah foto. Layanan tersebut dapat mengenali wajah, bahkan usia seseorang, sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat foto-foto mereka ketika mereka masih anak-anak hingga dewasa dengan mudah.

 

Pengguna juga dapat mencari foto dengan keywords umum seperti “badai di Toronto”, “pertandingan bisbol” atau yang lainnya. Metadata tersebut disimpan secara pribadi, hanya untuk digunakan pengguna.

 

Terakhir, layanan foto asisten tersebut juga dapat “memberi saran” kepada pengguna untuk menyimpan, mengedit, atau membuang foto. Pengguna dapat meng-edit foto secara manual. []