Banyak Manfaat di Balik Tersenyum

22

JAKARTA, WB – Dibalik kita tertawa ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Ini membuktikan tertawa lebih baik dibanding kita cemberut. 15 menit kita tertawa memiliki dampak positif yang luar biasa diantaranya melancarkan peredaran darah.

Tekanan darah, pernafasan dan kadar denyutan jantung akan meningkat selama tertawa dan melancarkan peredaran darah. Saat tertawa terhenti, tekanan darah akan kembali normal. Proses ini dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Menghidari Serangan Jantung. Peneliti asal Universitas Maryland melaporkan seseorang yang selalu tertawa lebih sulit mendapat resiko serangan jantung.

Otot-otot ikut berolahraga. Menurut berbagai penelitian, tubuh kita seperti sedang berolahraga saat kita tertawa. 80 jenis otot tubuh akan mengkerut dan rileks secara berirama. kebanyakan otot-otot yang ada di bagian perut, belakang badan dan wajah. Tertawa bukan sekedar penawar duka namun dapat juga memancing ketenangan jiwa dan melegakan otot.

Melancarkan peredaran darah. Tekanan darah, pernafasan dan kadar denyutan jantung akan meningkat selama tertawa dan melancarkan peredaran darah. Saat tertawa terhenti, tekanan darah akan kembali normal. Proses ini dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Meningkatkan jumlah Oksigen. Kita menghirup udara lebih banyak saat tertawa, sehingga ini akan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan selanjutnya dapat mengaliri sel syaraf dan otak. Proses ini dapat membantu menyegarkan otak dan daya ingat.

Meningkatkan imunitas tubuh. Hormon bahagia (endorfin) akan dikeluarkan saat kita tertawa. Endorfin dapat meningkatkan imunitas dan mengurangi rasa sakit. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here