Hindari Sering Minum Soda

39

MASSACHUSETTS, WB – Jika Anda mengkonsumsi minuman soda dua kaleng perhari, waspadalah. Sebuah riset terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi setidaknya dua kaleng soda per hari dapat meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit parah.

Menurut riset yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology, mengkonsumsi dua minuman manis seperti soda setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 26%, risiko serangan jantung atau penyanyit jantung fatal hingga 35%, dan risiko stroke hingga 16%.

“Memprihatinkan karena riset menunjukkan bahwa mengonsumsi satu atau lebih minuman manis per harinya telah dikaitkan dengan penambahan berat badan yang lebih banyak dan obesitas dalam sejumlah riset yang telah diterbitkan,” ujar Dr Frank Hu, Profesor of Nutrisi dan Epidemiologi Universitas Harvard, seperti dikutip The Mirror.

Konsumsi minuman manis secara teratur, dapat mengarah pada penambahan berat badan karena kalori cair tidak terisi membuat orang tidak mengurangi asupan makanan mereka pada saat makan yang berikutnya.

“Temuan kami menggarisbawahi desakan kebutuhan strategi kesehatan masyarakat yang dapat mengurangi konsumsi minuman-minuman ini,” kata Dr Hu.

Dr Hu menambahkan bahwa riset lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengeksplorasi efek kesehatan dari berbagai jenis gula dan bagaimana gula berbentuk cair dibandingkan gula berbentuk padat mempengaruhi tubuh.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here