Tiga Cara Agar Jantung Anda Kuat

28

JAKARTA, WB- Jantung merupakan organ yang amat penting. Gaya hidup modern Anda bisa mengganggunya.

Alih-alih menjaganya agar tetap sehat, gaya hidup masyarakat modern justru selalu menguji kekuatannya. Coba ubah beberapa gaya hidup seperti berikut ini, demi jantung sehat.

Matikan Gadget

Tracy Stevens, MD, kardiolog dari Saint Luke’s Mid America Heart Institute, Kansas City menjelaskan, gadget mempengaruhi kesehatan jantung. Selalu terhubung ke ponsel, laptop atau tablet membuat Anda dalam tingkat kewaspadaan tertinggi.

Stimulasi berlebihan ini dapat mengakibatkan keadaan kronis kecemasan, yang dapat menyebabkan stres yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

“Saya meminta pasien berhenti main gadget setidaknya 30 menit sehari dan menghabiskan waktu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kesehatan mereka,” ujar Stevens.

Pikir Ulang Sebelum Konsumsi Vitamin

Martha Gulati, MD, Direktur, Kardiologi preventif dan kardiovaskular kesehatan wanita, Ohio State University menyebutkan, multivitamin tak selamanya memberikan efek baik karena mampu meningkatkan risiko pada penyakit jantung.

Masyarakat meyakini multivitamin baik untuk jantung. Tapi kandungan yang terlalu tinggi, misalnya vitamin B berlebih yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan kalsium yang dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung.

“Saran saya, mendapatkan nutrisi Anda dari diet yang baik sebagai gantinya.,” ujar Gulati.

Berhenti Mendengkur

Tahukah Anda jika mendengkur dapat menimbulkan risiko penyakit jantung? Menurut Nieca Goldberg, MD, Direktur medis, pusat kesehatan wanita Joan H. Tisch, NYU Langone Medical Center berhenti mendengkur berarti hidup lebih sehat.

Satu dari lima orang dewasa mengidap apnea tidur, yakni gangguan yang menyebabkan dengkuran keras dan tekanan darah tinggi. Konsultasi dengan dokter jika dengkuran mengganggu tidur atau jika sering merasa lelah ketika terbangun.

“Apnea tidur dapat diobati, dan ada bonus jika menyembuhkan itu berarti mempercepat metabolisme, dan membantu Anda menurunkan berat badan,” paparnya.[ ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here