Angin Puting Beliung Landa Bogor

0

WARTABUANA – Bencana alam Angin puting beliung melanda Kota Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan video yang beredar puluhan rumah warga rusak.

Saat puting beliung melintas, atap rumah warga menurutnya beterbangan di Kelurahan Rangga Mekar dan Kelurahan Pamoyanan.

Angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik. Bahkan Pohon menimpa kendaraan di Jalan Siliwangi.

Informasi petugas di lapangan, di kawasan Bogor Selatan pohon tumbang terdapat di lima titik. Hujan disertai ngin kencang menerjang sekitar pukul 15.00 WIB. Dilaporkan muncul puting beliung di kawasan Sukasari.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyatakan, kecepatan angin yang melanda wilayah Batu Tulis, Lawang Gintung dan sekitarnya di Kecamatan Bogor Selatan sekitar 30 knot (50 KM per jam) dalam satu hembusan.

“Sapuan angin biasanya mencapai 100 meter hingga 1 Km mengikuti arah angin,” katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, angin kencang ini terjadi karena bentukan awan kumulonimbus yang cukup matang di wilayah Bogor Selatan. Situasi ini berpotensi terjadi selama puncak musim hujan yang berlangsung di wilayah Bogor hingga akhir Februari 2019.

Selain angin kencang, hujan disertai petir dan kilat juga melanda wilayah Kota Bogor. Hujan ini berlangsung selama kurang lebih satu jam.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here