Golkar Optimis Ada Partai Dukung Ical Sebagai Capres

71

JAKARTA, WB – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Sharif Cicip Sutardjo mengaku, sangat yakin partainya akan mendapat dukungan dari partai lain untuk membangun koalisi mengusung Aburizal Bakrie sebagai calon presiden.

Meski peta politik tampak berubah karena Demokrat akan membuat poros baru dengan mengandeng partai-partai Islam untuk peserta Konvensi sebagai capres. Cicip juga mengaku tidak khawatir dengan kondisi tersebut, dan dianggap bukan sebagai ancaman.

“Oh enggak khawatir. Kan kami bisa hitung juga siapa yang mau sama kami,” ujarnya di Jakarta, Rabu (30/4/2014)

Namun sayangnya Menteri Kelautan dan Perikanan itu, enggan mengungkapkan siapa partai yang punya peluang besar untuk bergabung dengan Golkar. Menurutnya arah koalisi masih menjadi rahasia di internal Golkar. “Ada lah, itu rahasia dapur,” ujarnya.

Cicip menjelaskan, langkah politik Demokrat untuk membangun poros baru bisa jadi disebabkan karena adanya ketokohan SBY sebagai figur utama. Meski begitu Cicip menilai bisa saja poros baru tidak terwujud karena politik sangat cair.

Selain itu, Cicip juga menyadari elektabilitas Ical memang rendah dibanding dengan calon lain seperti Prabowo atau Joko Widodo. Namun, Golkar tetap gencar menggalang koalisi untuk bisa mengusung Ical sebagai calon presiden.

Sejauh ini, beberapa partai juga sudah didekati termasuk Partai Gerinda, dan Partai Hanura, meski keduanya belum menemukan kata sepakat. Jika tidak mendapat mitra koalisi pancalonan Ical bisa jadi kandas karena dalam Pemilu Legeslatif suara Golkar tidak mencapai 20% persen, hanya sekitar 14%.[]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here