Rayakan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Prajurit TNI Gelar Lombadi Kampung Bupul Merauke

19

WARTABUANA – Nuansa semarak menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad menggelar berbagai macam perlombaan untuk masyarakat di Kampung Bupul 13, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (15/8/2019).

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., saat menyaksikan langsung perlombaan dalam rangka menyemarakan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) yang cukup jauh dari keramaian.

“Pos Bupul 13 Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad berinisiatif mengadakan perlombaan bagi masyarakat Kampung Bupul 13, guna memeriahkan dan memupuk rasa kebersamaan dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya Satgas guna untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat serta mempererat tali silaturahmi, khususnya dengan masyarakat yang ada di Kampung Bupul 13, Distrik Elikobel.

Lebih lanjut Mayor Inf Rizky mengatakan bahwa kegiatan lomba ini, dikoordinir oleh Komandan Pos (Danpos) Bupul 13, Letda Inf Yusri Khoirudin bersama dengan anggota pos. “Jenis perlombaan yang diadakan antara lain lomba menembak dengan senapan angin, balap kelereng, masukan paku ke botol dan panjat pinang,” ucapnya.

Dansatgas mengungkapkan sangat tampak terlihat antusiasme dan keceriaan yang terpancar terlihat dari wajah masyarakat Kampung Bupul 13, walaupun dibawah cuaca yang cukup terik matahari, namun tidak dijadikan penghalang bagi mereka untuk mengikutinya.

Dalam kesempatan yang sama, Danpos Bupul 13 Letda Inf Yusri Khoirudin menuturkan bahwa kami (satgas) ingin membangun ikatan yang erat dengan masyarakat Kampung Bupul 13 yang cukup jauh dari keramaian dan sangat jarang ada kegiatan yang bersifat membangun kebersamaan.

“Melihat hal tersebut, Pos Bupul 13 berinisiatif untuk menggelar perlombaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di kampung ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kampung Bupul 13 Bapak Wiyono mewakili seluruh warga mengucapkan terima kasih banyak kepada personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad yang telah mengadakan perlombaan di kampung kami. “Kegiatan ini sangat jarang dilakukan di sini dan baru kali ini berlangsung sangat meriah dan sangat menghibur,” ungkapnya.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here