Sebelum Latihan Bersama, Kepala Bakamla RI Bertemu Dubes RI untuk India

78

WARTABUANA – Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. menyambut hangat kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) RI untuk India Arto Suryodipuro di Markas Komando Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Kedatangan Dubes Arto kali ini selain untuk bersilaturahmi, juga dimanfaatkan untuk mematangkan koordinasi rencana kunjungan personel dan kapal Bakamla ke India. Hal tersebut merupakan salah satu implementasi dari kerja sama yang dibangun antara Bakamla dan Indian Coast Guard.

Rencananya, Bakamla akan mengirimkan salah satu kapalnya ke Port Blair, India, dalam rangka latihan bersama di bulan Mei 2019.

Diketahui bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama perdana antara Bakamla dengan Indian Coast Guard, maupun dengan pemerintah India. Namun demikian, Indian Coast Guard telah beberapa kali berpartisipasi dalam kegiatan Maritime Security Desktop Excercise (MSDE), dan Heads of Asian Coast Guard Asian Meeting (HACGAM) yang turut diselenggarakan oleh Bakamla.

Pertemuan ini juga membicarakan rencana strategis kerja sama Republik Indonesia dengan India, khususnya di bidang maritim. Sebagai counter part yang setara di komunitas coast guard internasional, sudah sepantasnya Bakamla mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dengan terus membangun kerja sama positif dengan coast guard negara tetangga di kawasan.

Jajaran pejabat Bakamla yang turut serta dalam pertemuan ini yaitu Plt. Sestama Laksma Bakamla Eko Joko Wiyono, S.E., M.Si., Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun, Direktur Kerja Sama Laksma Dade Ruskandar, S.H., M.H., Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here