Tiada Kata Libur Untuk Sang Penjaga Laut Nusantara

61

WARTABUANA – “Tiada kata libur untuk penjaga laut nusantara, saat tidur, mimpi kamipun patroli di laut”. Itulah yang dirasakan oleh kami yang bertugas di laut, ucap Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han), M.Mar. di sela-sela pelaksanaan kegiatan latihan bersama antara Bakamla RI/IDNCG dengan United States Coast Guard (USCG) yang berlangsung pada hari perayaan Idul Adha 1440H, di Perairan Batu Ampar, Batam, Minggu (11/8/2019).

Dikatakannya, saat tidak patroli, kami latihan seperti ini, untuk terus mengasah skill dan kesiapan seluruh kru kapal patroli. Kadangkala latihan dilakukan bersama coast guard negara lain, kadang pembinaan dilakukan secara internal. Baru baru ini kami melakukan muhibah ke India Coast Guard, tambahnya.

Terlihat kesibukan komunikasi melalui radio VHF di anjungan, antara kru yang bertugas di Tj. Datu dengan kru kapal USCG Cutter Stratton. Masing-masing saling melaporkan status situasi terkini.

Turut memonitor situasi latihan dari anjungan KN Tanjung Datu antara lain Palaksa Tanjung Datu Mayor Bakamla Perdin Saragih, Kepala Kamar Mesin Tanjung Datu Mayor Bakamla Maswir, Kasubbid Penyelenggaraan URCL Mayor Bakamla David Hastiadi, dan Kasi Latihan Operasi Laut Mayor Bakamla Waskito Alim.

“Latihan boarding party dan VBSS ini mengedepankan komunikasi sesama coast guard,” jelas Capt. Nyoto.

Rupanya, komunikasi itu terkait posisi tim VBSS yang sedang mendekat ke kapal Stratton, yang saat itu didapuk sebagai kapal target.

Dalam latihan ini, diturunkan tim VBSS dengan 2 RHIB, dimana setelah boarding tim VBSS melakukan peran pemeriksaan, penggeledahan subjek, penggeledahan kapal, dan pemborgolan. Diatas kapal Stratton, tim boarding Bakamla RI juga berlatih materi law enforcement dan drug smuggling.[]