Carmen Akan Fokus di Pendidikan

24

WARTABUANA – Mengawai kariernya didunia pendidikan, Carmen Shiran Yunita Jahja ingin meneruskan pengabdian dengan terjun ke dunia politik sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat X yang meliputi wilayah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan dan Kota Banjar.

Carmen bergelut didunia pendidikan sejak tahun 2000. Saat itu dirinya menjabat menjadi kepala sekolah di sebuah sekolah swasta, pengalaman sebagai praktisi pendidikan membuat dia menaruh perhatian yang khusus pada bidang pendidikan. Jika dirinya terpilih menjadi anggota legislatif di Senayan nanti, Carmen ingin memperjuangkan agar pendidikan moral juga masuk dalam kurikulum.

“Pendidikan mempunyai peran yang penting untuk membangun watak dan moral masyarakat terutama generasi muda. Maju atau tidaknya sebuah bangsa bergantung pada pendidikannya,”ujarnya di Jakarta.

Selain itu, Carmen yang lahir di Jakarta 4 Agustus 1960 ini sejak usia muda telah menjadi atlet nasional di cabang atletik yaitu lempar Cakram, jadi dirinya merasakan bagaimana perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

“Sejak saat itu saya mengenal apa yang dinamakan dengan nasionalisme. Sejak saat itu saya ingin terus mengabdi pada bangsa dan negara. Terlebih lagi Partai Gerindra sesuai dengan idealisme saya karena membawa nilai nasionalisme yang kuat,”jelasnya.

Setelah pensiun sebagai atlet, pemegang rekor nasional lempar cakram ini, kemudian melanjutkan karirnya sebagai dokter dengan masuk Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Ia kemudian melanjutkan spesialisasi  pada bidang kedokteran olahraga.

“Sebagai mantan atlet saya memilih spesialisasi dokter olahraga. Sejak SEA Games 1995 saya menjadi tim medis untuk kontingen Indonesia di event olahraga internasional seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan lain sebagainya. Pensiun sebagai atlet bukan berarti berhenti pula pengabdian terhadap olahraga nasional.” tutur Carmen.

Sebagai caleg, Carmen aktif bersosialisasi dengan warga di dapilnya. Menurutnya,  bertemu dengan warga untuk berkomunikasi dan mendengarkan aspirasi warga. Dengan demikian Carmen bisa mengetahui permasalahan yang terjadi pada masyarakat.

“Bersama Gerindra, saya ingin meneruskan pengabdian serta mewujudkan perubahan demi Indonesia yang lebih baik,”pungkasnya.[ ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here