`Pasar Cinta`, Festival Khusus Mantan Pacar

0
7

WARTABUANA – Banyak orang segan bertemu lagi dengan mantan pacar setelah mengakhiri hubungan. Namun, masyarakat pedesaan Khau Vai di Vietnam justru berbeda, bahkan setiap tahun mereka menggelar `pasar cinta` bagi yang ingin bertemu mantan pacar.

Setiap tahunnya, festival unik ini dirayakan setiap tanggal 26-27 pada bulan ketiga kalender lunar. Selama dua hari ini, ratusan mantan pacar dari beberapa kota akan datang dan saling bertemu satu sama lain.

Hebatnya, bukannya saling bertengkar karena mengingat kejadian tidak mengenakkan di masa lalu, mantan pasangan yang bertemu dalam festival ini sangat akur bahkan saling berbagi pengalaman bersama pasangan mereka yang baru.

Tradisi pasar cinta Khau Vai ini dimulai sejak ratusan tahun yang lalu, saat seorang gadis cantik dari Hai Giang jatuh cinta dengan seorang pemuda Cao Bang.

Karena kecantikan gadis tersebut, sukunya melarang dirinya untuk menikah dengan pemuda dari suku lain. Namun pemuda Cao Bang tersebut berkeras dan memicu perang antar suku untuk mendapatkan gadis idamannya tersebut.

Ketika sadar obsesinya telah memakan banyak korban jiwa, akhirnya keduanya memutuskan mengalah dan menikah dengan sesama suku mereka. Namun mereka tidak berpisah begitu saja dan berjanji setiap tahunnya akan saling bertemu di Khau Vai.

Hingga saat ini tradisi tersebut sangat populer dan dipertahankan sehingga Khau Vai dikenal sebagai tempat pertemuan bagi para mantan pacar yang tidak berhasil menghabiskan hidup bersama sebagai suami istri.[]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here