Amitha Bachan Bantu Lunasi Hutang Petani Kampungnya

218

WARTABUANA – Aktor lawas India, Amitabh Bachchan, mengklaim dirinya telah melunasi utang sejumlah petani senilai lebih dari 40 juta rupee atau setara dengan Rp8 miliar.

Pernyataan tersebut didapat dari tulisan dalam blognya. Bachchan menyebut telah mengurus 1.398 petani asal Uttar Pradesh-tempat dia dilahirkan.

Utang-utang yang dilunasi aktor berusia 76 tahun itu berasal dari Bank of India, yang diklaim telah mengeluarkan dokumen dan sertifikat pelunasan.

“Saya tentunya berkeinginan memberikan dokumen ini, konfirmasi bahwa utang mereka telah dilunasi, secara pribadi,” tulis Bachchan.

Karena sulit membawa semua petani ke Kota Mumbai, Bachan sampai menyewa gerbong kereta untuk membawa 70 perwakilan petani untuk bertemu dengannya sekaligus menerima dokumen pelunasan dari bank.

Para perwakilan petani itu diperkirakan akan tiba pada 26 November mendatang. Saat ini puluhan ribu petani India bergelut dengan utang lantaran lahan yang mereka tanami dilanda berbagai masalah, termasuk kekeringan, sulitnya irigasi, penurunan produktivitas, dan kurangnya modernisasi.

Masalah-masalah ini berkaitan langsung dengan tingkat bunuh diri di kalangan petani. Tercatat sedikitnya 300.000 petani bunuh diri sejak 1995.

Aksi pelunasan utang petani bukan yang pertama kali dilakukan Bachchan. Awal tahun ini, aktor tersebut melunasi utang sebanyak 350 petani asal negara bagian Maharashtra.

Sebelumnya, ribuan petani di kawasan ini menggelar unjuk rasa tahun lalu yang menuntut pemutihan utang dan harga jual produk pertanian yang lebih baik.

Akan tetapi, Bachchan tak hanya dikaitkan dengan tindakan terpuji. Pada 2007, pengadilan di India memutuskan lahan seluas 8.361 meter persegi telah diberikan kepadanya secara ilegal.

Dia kemudian menghadapi gugatan penipuan yang belakangan dicabut karena dia tak lagi mengklaim kepemilikan atas lahan tersebut.

Bachan telah berakting dalam lebih dari 190 film, termasuk film-film Hollywood dalam beberapa tahun terakhir.[]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here