Angklung Telah Menggoyang Orlando

157

WARTABUANA –  Begitu mendengar introduction lagu “New York New York” yang di populerkan oleh Frank Sinatra, penonton pun serentak bertepuk tangan memberikan applaus yang cukup panjang.

“Start spreadin’ the news, I’m leavin’ today I want to be a part of it New York, New York”, demikian penggalan lagu yang diaransir dengan indahnya dengan lagu “Pulanglah Uda” dari tanah Minang, oleh konduktor muda Indonesia, Megasari Elisabet, sebagai pembuka acara pertunjukkan drama “The Legend of Malin Kundang” di Dr. Phillips Center for Performing Arts di Orlando, Florida, AS hari sabtu sore kemarin.

Mega, demikian nama panggilan wanita muda lulusan S2 dari University of South Florida di Tampa yang mengambil jurusan piano pedagogy, sejak 5 tahun lalu telah ‘melanglang buana’ memperkenalkan angklung di hadapan masyarakat setempat, mulai dari parks, library hingga arts center di berbagai kota besar di Florida. Tiada putus asa dan tiada mengenal lelah, di sela-sela kesibukannya mengajar dan bekerja, Mega perlahan tapi pasti meletakkan sejarah sebagai angklung ambassador di negara bagian Florida ini.

“Bagaikan sebuah buku, maka nilai dari isi buku itu terletak di Kata Pengantar atau Pembukaan”, tegas Pendeta Vecky Wilan Golioth dari GpdI Orlando Church, yang mengibaratkan penampilan tim Angklung Indonesia ini sebagai bagian dari keseluruhan acara tersebut. Tanpa Kata Pengantar yang indah, maka sebuah buku akan terasa hambar. Demikian pula, nilai sebuah pertunjukkan akan menjadi berharga lewat penampilan awal yang bagus.

“…..saya bangga dengan Diaspora dan Warga Negara Indonesia di Orlando dan sekitarnya. Penampilan mereka luar biasa….salut n keep doing that”, penuh rasa kagum dan bangga disampaikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Houston, Ibu Nana Juliana, yang menyempatkan hadir untuk memberikan dukungan penuh bagi promosi seni dan budaya Indonesia di wilayah yuridiksi KJRI Houston.

Sementara itu, Ibu Romana Sirait, Konsul fungsionaris Pensosbud dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston, yang juga hadir bersama Ibu Konjen, menyampaikan rasa kagumnya kepada masyarakat Indonesia yang tergabung dalam organisasi VIDA Florida (Voice of Indonesians in Florida) yang menyelenggarakan pertunjukan drama perdana ini.

VIDA Florida merupakan organisasi nirlaba yang penulis dirikan pada tanggal 20 Mei 2013 dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 105 dan bertujuan untuk mempromosikan kuliner, seni dan budaya serta tujuan wisata Indonesia bagi masyarakat Florida.

Semoga, “VIDA bisa menjadi contoh untuk masyarakat Indonesia lainnya di state yang lain”, tambah Ibu Romana yang disampaikan via whatsapp kepada penulis.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here