Rilis “Pelangiku”, Raina Gumay Panen Pujian Musisi Senior

43
Rina Gumay /ist

WARTABUANA – Sebelum dirilis, lagu “Pelangiku” yang dilantunkan penyanyi cilik Raina Gumay sempat diperdengarkan ke sejumlah musisi senior. Hasilnya, beragam pujian dan rasa takjub diterima Raina.

Host cilik itu bukan saja memperkenalkan lagu “Pelangiku” kepada para musisi seperti Melly Goeslaw, Reza Artamevia, Andi Rianto, Uci Nurul, Carlo Saba dan Mario, Hivi, Arsy Widianto, Sandy Canester,  Kikan, Addie MS, Tohpati, dan pengamat musik Bens Leo, dia juga mewawancarai mereka.

Terinspirasi lirik lagu Rainbow Connection membuat Aquarius Musikindo menggandeng Andi Rianto dan Monty Tiwa ‘melahirkan’ sebuah lagu “Pelangiku” yang menggambarkan indahnya kehadiran garis warna-warni setelah hujan.

“Pelangiku” semakin memiliki jiwa setelah dilantunkan Raina Gumay.   Sejak intro sudah terasa kualitasnya. Ada kesan petualangan yang ditawarkan baik dari segi lirik ataupun ritme-nya sehingga membawa imajinasi dan khayalan pendengar. Semua diramu apik dalam alunan musik orchestra dan suara sopran khas anak-anak yang jernih milik Raina.

Raina Gumay /ist

Lewat lagu “Pelangiku”, penyanyi bernama lengkap Raina Premiera Gumay ini menawarkan keceriaan  dengan lompatan nada ceria mirip degup rasa gembira bocah saat bermain.

Raina mengingatkan kita akan sosok Sherina atau Gita Gutawa. Raina berhasil menjadikan alunan ini terdengar manis, bersemangat dan sangat pas menyatu secara musikalitas dengan iringan musik dari Andi Rianto.

“Waktu pertama kali diperdengarkan lagu ini, Raina merasa seperti berada di sebuah fantasi, ada Pelanginya, fairy tail, peri-peri gitu. Rasanya indah sekali. Pas dengar dan nyanyikan pertama kali, Raina suka banget,” kata Raina.

Gadis cilik berusia 10 tahun ini memiliki segudang pengalaman menyanyikan berbagai jingle lagu untuk berbagai produk iklan anak-anak.  Selain mengisi jingle berbagai produk kenamaan, Raina juga pernah menjadi pengisi suara salah satu lagu di film 3 Dara, pengisi acara Konser Anak TVRI dan berbagai acara anak lainnya seperti menjadi pemeran utama dalam pentas Cinderella Sunflower Show, Alice in The Wonderland Mentari Show dan pengisi suara di berbagai konten Youtube.

Panen Pujian

Saat sesi wawancaranya dengan Melly Goeslaw, Raina diceritakan tentang masa kecilnya. Tak banyak yang tahu, jika Melly sejak kelas 6 Sekolah Dasar sudah mulai menyukai membuat puisi dan menciptakan lagu. Lagu pertama yang diciptakannya berjudul “Burung”. Namun, sewaktu Raina meminta untuk menyanyikannya, Melly sudah lupa bagaimana syair dan lagunya.

Raina Gumay dan Melly Goeslaw /ist

“Dulu saya mulai menulis lagu sejak kelas 6 SD, tadinya suka nulis gitu. Nulis surat buat mama, teman, sampai akhirnya jadi puisi dan keterusan menulis lagu,” ungkap Melly.

Melly juga merasa kagum ketika diperdengarkan pertama kalinya dengan lagu “Pelangiku”. Menurutnya lagu, lirik, nada dan suara Raina bagus, iapun mengungkapkan kekagumannya kepada Raina. Apalagi sebagai penyanyi baru tak mudah untuk bisa masuk ke label musik Aquarius usikindo.

“Suaranya bagus, musiknya bagus, liriknya bagus,  wah keren. Agak sulit masuk ke Aquarius, ternyata memang suaranya bagus. Mudah-mudahan Raina bisa menjadi besar,” ujar Melly.

Menurut Melly Goeslaw, lagu “Pelangiku” merupakan sebuah lagu yang bisa didengar oleh semua orang yang teringat akan masa kecilnya. “Yang dibayangin, seperti ada anak kecil main sepedahan gitu trus ada hujan di luar, kalau aku kecil dulu memang suka main sepedahan, cuma hujan tetep aja sepedahan,  apa yang digambarkan di lagu ini memang indah banget. Jadi kalau kita bayangin satu kejadian di mana ada seorang anak yang pingin bermain ke luar rumah hujan, trus muncul pelangi itu indah banget, karena kan gak semua hari bisa muncul pelangi semacam itu,” tutur Melly.

Raina pun mengungkapkan jika sewaktu dites pertama kali menyanyi, Raina menyanyikan salah satu lagu ciptaan Melly Goeslaw yang berjudul “Guruku Tersayang” dari situlah ia bisa lolos dan bergabung di Aquarius Musikindo.

Berbeda dengan Melly Goeslaw, Reza Artamevia merasa sangat terharu ketika pertama kalinya diperdengarkan lagu “Pelangiku”. Penyanyi yang dikenal dengan lagu “Keabadian” ini juga sangat mengagumi sosok Raina.

“Kalau saya dengar nada yang bagus saya terharu banget, ini bagus sekali , suaranya keren, mudah-mudahan tidak hanya didengar oleh anak-anak. Karena di album Ibre dulu ada satu lagu buat anak Ibre, dan yang bikin om Andi Rianto juga,” kata penyanyi yang akrab dipanggil Ibre (Ibu Reza) ini.

Lagu Pelangiku, menurut Reza ketika diperdengarkan, ia merasa berada di alam terbuka, di pegunungan dengan suasana yang ceria. Pelangi adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang terjadi karena pembiasan cahaya. Menurutnya, Raina sangat cocok dan masuk ke dalam karakter lagu yang dinyanyikannya. Bahkan menurut Reza sangat mirip dengan penyanyi cilik yang kini sudah dewasa, Sherina. Dari suara, wajah dan pembawaan ceria Raina.

“Jujur waktu dengarnya langsung kebayang suasana alam pegunungan, alam terbuka dengan suasana yang ceria, tapi tidak panas, kayak di puncak. Kamu nyanyi-nyanyi sambil nari mengingatkan kamu kayak Sherina. Semoga menjadi pengganti Sherina,” ujarnya.

Gaya dan pembawaan khas Raina yang centil, ceriwis khas anak-anak, mampu membuatnya dapat berbaur bagi semua kalangan.  Senada dengan apa yang dikatakan para musisi di atas, lagu “Pelangiku” dan suara Raina memang sangat menggambarkan keceriaan masa kecil dengan nuansa warna warni seperti Pelangi.

Dengar saja suara Raina yang ‘centil’ secara gamblang mengungkapkan kekesalannya tidak bisa bermain sepeda ketika hujan turun. Namun, tak lama seketika suasana hatinya berubah ceria ketika hujan berhenti dan munculah Pelangi.

Lagu ini juga mengajak anak-anak untuk mensyukuri segala ciptaan Tuhan. Lirik yang sarat akan makna ini juga mengungkapkan bahwa tidak selamanya kehidupan berwarna kelabu, perlahan warna tersebut akan digantikan dengan kehidupan yang berwarna-warni. Lirik yang mengajak anak-anak selalu bersyukur dalam keadaan apapun dan bersikap optimis dalam melihat ke depan. Dalam kehidupan, bahkan mendung pun akan berganti dengan keceriaan.

Lagu “Pelangiku” oleh Raina Gumay ini sudah bisa dinikmati di all digital platform, seperti: iTunes, Apple Music, Spotify, Joox, Deezer, LangitMusik dan Smart Music. []

 

Lyrik

Pelangiku

Kulihat Keluar jendela

Hujan begitu derasnya

Dan awan menutup matahari, Kesal

Sepeda sudah menunggu

Dan aku tak bisa bermain

Sabar, sampai kapan harus sabar?

Reff:

Dan perlahan, tanpa sadar, warna warna bermunculan

Hujan reda, digantikan, pelangi yang nan rupawan

Akupun bergegas keluar

Sepeda kukayuh kencang

Ku kejar pelangiku, sampai ujung langit

Kulihat ke atas sana

Sungguh indah warna warnanya

Tuhan sangat indah ciptaan Mu

Dan perlahan, tanpa sadar, warna warna bermunculan

Hujan reda, digantikan, pelangi yang nan rupawan

Dan kulihat ke atas sana

Langitku yang tadi kelabu. Indah []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here