Bekuk Dinamo, Atalanta Buka Peluang

49

WARTABUANAAtalanta mengukir sejarah di Liga Champions Eropa usai meraih kemenangan atas Dinamo Zagreb. Hasil tersebut membuka peluang Atalanta tampil di fase gugur Liga Europa.

Atlanta menjamu Dinamo Zagreb di Stadion San Siro, Milan, Rabu (27/11/2019) dini hari WIB, pada matchday lima Grup C Liga Champions Eropa. Dari empat laga sebelumnya, tim asuhan Giampiero Gasperini cuma bisa meraih satu poin hasil dari sekali imbang dan tiga kali kalah.

Meskipun peluang lolos ke fase knock-out Liga Champions Eropa terbilang kecil, Atalanta butuh kemenangan guna mengincar posisi tiga untuk mengamankan satu tempat di babak 32 besar Liga Europa.

Luis Muriel membuka keunggulan Atalanta pada menit ke-27 lewat sepakan penalti. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai. Tuan rumah menambah skor jadi 2-0 lewat gol cepat Alejandro Gomez saat babak kedua baru berjalan dua menit.

Atalanta harusnya bisa unggul lebih banyak gol, setidaknya ada delapan shots on goal yang dilepaskan. Kegemilangan kiper Dominik Livakovic menggagalkan hampir sebagian besar Atalanta.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan telak 4-0 di pertemuan pertama, serta menjadi sejarah tersendiri bagi Atalanta yang baru pertama mengikuti Liga Champions Eropa musim ini.

“Kami menikmati sepak bola kami malam ini dan mendominasi pertandingan, banyak peluang yang kami ciptakan,” kata Papu Gomez kepada Skysport Italia.

“Sekarang kami lebih berpengalaman setelah pertemuan pertama, karena kami punya kepercayaan diri setelah pertandingan melawan Manchester City (1-1) dan memulai pertandingan seperti kami lakukan di Italia,” ia menambahkan.

Saat ini Atalanta masih tertahan di peringkat empat dengan nilai empat, hanya terpaut satu poin dari Dinamo Zagreb di peringkat tiga. Mereka butuh satu kemenangan lagi di matchday terakhir melawan Shakhtar Donetsk (12/12) sembari berharap Dinamo Zagreb kembali gagal meraih poin sempurna saat menjamu Manchester City.

Jika mampu finish ketiga di akhir fase penyisihan, Atlanta otomatis mengamankan tiket babak 32 besar Liga Europa.[]