Berbagi Angka dengan PSV, Inter Milan Gagal Lolos

106

WARTABUANA – Inter Milan, terpaksa tersingkir di fase gugur Liga Champions Eropa 2018-19 setelah di pertandingan terakhir hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 melawan PSV Eindhoven.

Bermain didepan publik Giuseppe Meazza, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB, padahal Inter mengambil alih pertandingan sejak menit awal. Peluang pertama didapat Kwadwo Asamoah di menit ketiga, namun bola sepakannya masih sedikit melebar dari target.

Dua menit berselang, giliran Ivan Perisic yang melepaskan ancaman. Winger Kroasia menyambar umpan silang Mauro Icardi, namun bola masih membentur tiang gawang.

Inter terus menekan PSV guna memburu kemenangan, alih-alih mencetak gol gawang I Nerazzurri malah kemasukan terlebih dulu di menit ke-13.

Gol berawal dari kesalahan Asamoah dalam mengontrol bola yang pada akhirnya mampu dicuri Steven Bergwijn. Bola digiring ke dalam kotak penalti dan umpan silang dilepaskan kepada Hirving Lozano untuk diteruskan dengan sundulan. 1-0 PSV memimpin.

Dalam situasi tertinggal, Inter berusaha merespon di menit ke-17. Sepakan keras Matteo Politano masih bisa diblok oleh lawan.

Peluang kembali didapat Inter di menit ke-30. Persici kembali berhasil masuk ke kotak penalti PSV, ia kemudian mengarahkan bola ke Icardi yang berada di depan kotak penalti. Namun percobaan Icardi masih melebar.

Sampai memasuki menit ke-40, Inter total sudah melepaskan tujuh shots, namun tak satupun yang berujung gol. Sedangkan PSV yang mengandalkan serangan balik cepat cuma tiga kali melepaskan shots on goal. Sampai turun minum skor 0-1 tak berubah.

Di babak kedua, Inter masih berupaya menekan PSV. Tuan rumah masih mengandalkan serangan dari sisi sayap kanan yang ditempati Politano. Sampai menit ke-55 belum ada peluang berarti diraih tuan rumah.

Menit ke-61, Inter mendapat kesempatan mengancam gawang PSV. Borja Valero meneruskan umpan sundulan Icardi dengan sepakan yang masih tepat ke arah kiper lawan.

Inter tak memberi ruang bagi PSV untuk memulai serangan balik sampai menit ke-70. Sebaliknya, PSV memilih lebih banyak menumpuk pemain di area sendiri guna mengamankan hasil.

Upaya Inter menyamakan skor menuai hasil di menit ke-73. Politano melepaskan umpan silang ke area penalti PSV yang disambut sundulan Icardi, bola gagal dijangkau kiper Jerome Zoet. Skor 1-1.

Gol tersebut membuat Inter semakin bersemangat menambah gol. Menit ke-80, upaya Lautaro Martinez menyambut umpan Politano masih belim membuahkan hasil.

Memasuki 10 menit akhir laga, Inter masih belum mengendurkan serangan. Namun demikian, PSV hampir saja kembali unggul andai peluang Michal Sadilek di menit ke-88 tidak diblok Milan Skriniar.

Di masa injury, Samir Handanovic melakukan penyelamatan gemilang dengan memotong umpan dari Nick Vierger sebelum bisa diteruskan rekannya. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor 1-1 tak berubah.

Dengan hasil ini, Inter mengemas nilai delapan. Mereka dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar karena kalah head-to-head dari Tottenham yang mengemas nilai sama. Spurs mampu menahan imbang Barcelona 1-1 di Nou Camp.[]