Chelsea Tekuk City di Etihad

192

MANCHESTER, WB- Chelsea menjadi tim pertama yang berhasil mengalahkan Manchester City di kandangnya sendiri, Stadion Etihad, musim ini. Laga tersebut digelar hari Selasa (4/2/14) dini hari WIB.

City harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 0-1. Gol tunggal dicetak Branislav Ivanovic, memanfaatkan bola muntah pada menit ke-36.

Tuan rumah sejatinya unggul dalam penguasaan bola hingga 66 persen lewat umpan-umpan pendek. Chelsea menanggapinya dengan memasang garis pertahanan yang dalam dan mencari kesempatan menyerang balik.

Hasil ini belum mempengaruhi posisi kedua tim di papan klasemen. City masih berada di peringkat kedua, sementara Chelsea satu tingkat di bawahnya. Namun selisih kedua tim menyusut hingga hanya beda selisih gol. Kekalahan ini juga membuat City kehilangan puncak klasemen, yang direbut Arsenal.

Kecuali Sergio Aguero dan Samir Nasri yang mengalami cedera, pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, bisa menurunkan skuad terbaiknya. Di lini depan, Pellegrini mengandalkan duet Alvero Negredo dan Edin Dzeko.

Di kubu Chelsea, pelatih Jose Mourinho menurunkan formasi yang tak biasa. Bek tengah David Luiz ditempatkan di lini tengah, sementara di lini depan, Samuel Eto`o mendapat dukungan dari Willian, Ramires dan Hazard.

Jalannya pertandingan:

Laga berjalan terbuka di awal. Kedua tim langsung bertukar serangan. Menit kedelapan, Sebuah serangan dari sayap kanan Chelsea yang dimotori Ramires membuat pertahanan Manchester City pontang-panting. Ramires berhasil mengelabui bek City, Kompany, namun Kompany berhasil mengejarnya. Tepat pada saat sang bek akan menghalau bola, rekannya, Nastasic, justru berusaha menghalau bola.

Keduanya akhirnya berbenturan di kotak penalti City. Beruntung, bola bergerak liar menjauh dari gawang City. Jauh dari jangkauan Ramires. Kompany pun terlihat berang usai insiden tersebut.

Namun dua menit berselang, giliran City menyerang lewat sayap kiri. Sebuah umpan silang bek kiri, Aleksandr Kolarov melintas di depan gawang Chelsea. Rekannya, Yaya toure, hanya telat sepertsekian detik untuk menyambarnya.

Ancaman kembali ditebar City pada menit ke-17. Memanfaatkan wallpass dengan Navas, Toure menembus sisi kiri di dalam kotak penalti lawan dan mengirimkan umpan pendek kepada Silva tepat di depan gawang. Sayang, tendangan Silva bergulir melebar ke samping tiang jauh.

Lama tertekan, The Blues balik menggebrak pada menit ke-26. Sebuah serangan balik di bangun setelah merebut bola dari penguasaan City di daerah pertahanan sendiri. Matic kirimkan umpan kepada Willian, yang didukung Ramires di sayap kiri dan Eto`o di sayap kanan. Hanya ada satu bek City tersisa, yakni Nastasic.

Willian kemudian mengirimkan umpan terobosan kepada Ramires di dalam kotak penalti lawan. Dari sisi kanan dalam kotak penalti City, tendangan Ramires berhasil ditepis kiper Joe Hart. Bola muntah di dalam kotak penalti disambar Willian dengan tendangan salto, namun melambung di atas gawang.

Chelsea berhasil mencuri gol pembuka pada menit ke-32. Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Ramires dari dalam kotak penalti, Branislav Ivanovic melepaskan tendangan dari depan kotak penalti yang bersarang di sudut kanan bawah gawang City. Skor 1-0 untuk Chelsea.

City berusaha membalas pada menit ke-36. Tendangan Navas dari sisi kiri dalam kotak penalti lawan ke tiang jauh masih bisa ditepis Petr Cech.

The Blues kembali mengancam gawang City pada menit ke-43. Sebuah penetrasi dari Hazard di sisi kanan dalam kotak penalti lawan diakhiri dengan umpan silang datar. Bola disambut tendangan first time Eto`o di sisi kiri, tetapi bola hanya menerpa mistar gawang.

Kedudukan 1-0 bertahan hingga laga usai.

Menit ke-51, City mendapat peluang. Umpan pendek Dzeko kepada Toure di dalam kotak penalti diakhiri dengan tendangan mendatar. Sayang, bola melebar ke samping tiang kanan gawang Chelsea.

Semenit berselang, Chelsea balas menekan. Memanfaatkan umpan pendek David Luiz, Matic melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola menerpa tiang kiri gawang City.

Sering kecolongan karena serangan balik, City berusaha menurunkan tempo serangan dan meninggalkan lebih banyak pemain di lini belakang saat menyerang. Hasilnya, tempo permainan menurun dengan penguasaan bola lebih banyak berada di kaki para pemain City.

Menit ke-63, sebuah sepak pojok Willian berhasil ditanduk Cahill. Sayang, bola hanya membentur mistar gawang City.

The Citizens terus menekan dengan permainan pendek dari kaki ke kaki, sementara The Blues menanggapinya dengan bertahan lebih dalam.

Menit ke-68, sebuah umpan silang gelandang City, Navas, dipotong Cahill. Bola berbelok arah ke gawang Chelsea, namun membentur tiang gawang dan bergulir ke luar lapangan.

City kembali mendapat peluang pada menit ke-75. Umpan silang datar Kolarov dari sayap kiri disambut tendangan first time Silva dari dalam kotak penalti. Lagi-lagi, arah tendangannya melebar.

Insiden terjadi pada menit ke-86. Nastasic, yang menjadi pemain bertahan terakhir City saat Chelsea menyerang balik, menjatuhkan Oscar dengan cara menarik baju sang pemain. Mourinho sontak berang dari pinggir lapangan, meminta Nastasic dikartu merah. Namun wasit Mike Dean hanya memberikan kartu kuning.

Peluang terakhir didapat City pada masa injury time. Tendangan Jovetic dari luar kotak penalti mengarah ke sudut kanan atas gawang Chelsea, namun masih bisa ditepis Cech. Hingga wasit meniup peluit akhir, kedudukan 1-0 untuk The Blues bertahan.

Susunan pemain:

Manchester City: Joe Hart; Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, Matija Nastasic; Jesus Navas, David Silva, Martn Demichelis, Yaya Toure; Alvaro Negredo (Stevan Jovetic 57`), Edin Dzeko. Pelatih: Manuel Pellegrini.

Chelsea: Petr Cech; Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpilicueta; David Luiz, Ramires, Nemanja Matic Eden Hazard (Demba Ba 93`); Willian (Jon Obi Mikel 90`), Samuel Eto`o (Oscar 83`). Pelatih: Jose Mourinho.[ ]