Doraemon jadi Ikon Olimpiade 2020

227

TOKYO, WB – Tokoh kartun terkenal di dunia, Doraemon dipilih oleh pemerintah Jepang sebagai ikon Olimpiade 2020 yang bakal digelar di negeri Sakura itu.

 

Apalagi tokoh kucing pintar itu memang sudah jadi penghias layar kaca televisi seluruh masyarakat dilapisan bumi ini selama puluhan tahun. Maka dari itu, pemerintah Jepang yakin betul dengan dipilihnya Doraemon sebagai ikon Olimpiade ini, bisa jadi magnet sendiri bagi para pecinta olahraga di dunia.

 

Sebelumnya Doraemon memang sudah lebih dulu menjadi brand ambassador untuk Jepang sejak tahun 2008.

 

“Beberapa waktu lalu saya berbicara dengan salah satu pejabat. Mereka bilang kartun Jepang yang diingat adalah Oshin dan Doraemon,” kata Director of Information and Culture Japan Embassy Kenichi Takeyama.

 

Adapun kabar bahwa Doraemon akan menjadi ikon Olimpiade muncul dai Manajer Marketing & License Animation International Indonesia Helena Irma.

 

“Kita mendapatkan informasi dari pihak lisensi kita kalau di tahun 2020, Olimpiade akan diadakan di Jepang dan Doraemon menjadi brand ambassador,” kata Helena menegaskan.

 

Melekatnya kenangan akan Doraemon juga membuat Doraemon dianggap berhasil merepresentasikan Jepang. “Doraemon juga menjadi anime pertama yang dijadikan brand ambassador oleh Jepang,” ungkap Helena.

 

Namun menurut Takeyama, hal ini juga disebabkan Doraemon tidak hanya diperkenalkan di Jepang saja, tetapi juga di Asia Tenggara, Eropa, dan juga baru-baru ini Amerika. “Bahkan ketenaran Doraemon sudah melebihi artis-artis Jepang,” tuturnya. []