Higuain Sepakat Jika Argentina Batal Uji Coba dengan Israel

113

ARGENTINA, WB – Timnas Argentina telah membatalkan pertandingan persahabatan yang rencananya akan dimainkan pada Sabtu (9/6) di Stadion Teddy, Yerusalem. Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) belum secara resmi mengumumkan pembatalan itu, tapi keputusan ini sudah dikonfirmasi oleh penyerang Timnas mereka, Gonzalo Higuain.

Higuain mengatakan keputusan itu diambil menyusul adanya tekanan politik. “Mereka akhirnya melakukan hal yang benar,” kata Higuain, dikutip ESPN, Rabu (6/6/2018).

Wakil Presiden AFA Hugo Moyano menyampaikan bahwa para pemain Argentina mendapatkan ancaman di Barcelona. Pada Selasa (5/6), warga Katalan Pro-Palestina menggelar protes dengan memanggil nama-nama pemain Argentina. Para pemrotes meminta Argentina tidak berpartisipasi pada pertandingan yang dituding menjadi kedok menutupi kejahatan kemanusiaan yang tengah berlangsung di Jalur Gaza.

Menurut Moyano kepada Radio 10, keputusan tepat telah diambil. Menurut dia, tetap memaksakan menggelar laga tak sepadan dengan akibat yang ditimbulkan.

“Hal yang terjadi di tempat-tempat dimana mereka membunuh begitu banyak orang. Sebagai manusia, kamu tak bisa menerima itu dengan cara apa pun,” kata dia.

Pertandingan persahabatan melawan Israel rencananya merupakan laga terakhir Tim Tango sebelum tampil di Piala Dunia 2018. Lionel Messi dkk akan menghadapi Islandia pada 16 Juni.[]