Jerman Lawan Italia Jadi Ajang Ketangguhan Dua Kiper

114

BORDEUX, WB – Perempatfinal piala eropa akan menyajikan duel seru antara Italia kontra Jerman. Pertandingan tersebut akan jadi ajang unjuk ketangguhan dua penjaga gawang, yakni Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer.

Sejauh ini kedua kiper itu tampil mengesankan sejak fase grup. Gawang Italia baru kemasukan satu kali saat jumpa Irlandia Utara di pertandingan terakhir fase grup. Tetapi, yang diturunkan saat itu sebagai penjaga gawang adalah Salvatore Sirigu.

Dalam tiga pertandingan Buffon main sebagai starter, Gli Azzurri belum sekalipun kemasukan. Penjaga gawang 38 tahun itu tercatat sudah melakukan empat penyelamatan di Piala Eropa.

Hal serupa juga dicatatkan Manuel Neuer. Kiper milik Bayern Munchen itu begitu tangguh. Sejak fase grup Neuer selalu jadi pilihan utama pelatih Joachim Low. Hasilnya, gawang Jerman belum kemasukam hingga 16 besar, dan mereka jadi satu-satunya negara di Piala Eropa 2016 yang bisa melakukannya sejauh ini.

“Mereka berdua adalah kiper jempolan, dua yang terbaik di turnamen ini,” ujar mantan kiper timnas Jerman, Andreas Kopke.

“Saya harus angkat topi kepada Buffon untuk ketenangannya dan bagaimana pentingnya ia di tim Italia. Manuel Neuer bisa menerjemahkan pertandingan dengan cara berbeda,” pungkasnya.

Di pertemuan terakhir kedua tim di Piala Eropa 2012, gawang Neuer dua kali dibobol Mario Balotelli yang mengatarkan Italia ke final usai menang 2-1.

Pertandingan antara Jerman melawan Italia akan berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d`Ascq, Minggu (3/7/2016) pukul 2.00 dini hari WIB.[]