Kazuyoshi Miura, Biar Uzur Masih Mumpuni

111

YOKOHAMA, WB – Pesepakbola Kazuyoshi Miura, ternyata  belum habis. Penyerang legendaris Jepang berjuluk `King Kazu` itu terus bermain, kendati usianya kini mencapai 48 tahun.

Sampai saat ini, Miura masih tercatat sebagai salah satu penyerang Yokohama FC, sebuah klub yang bermain di J-League 2, satu tingkat di bawah kompetisi utama Liga Jepang, J-League.

Pada 11 November lalu, tepat pada pukul 11:11 JST (Japan Standard Time), Miura membubuhkan kontrak baru bersama Yokohama FC. Dengan demikian, ia akan terus bermain bersama Yokohama FC musim depan, yang mana akan menjadi musim ke-12 dirinya bersama klub tersebut.

Tepat ketika musim depan akan dimulai, Miura, yang berulang tahun pada 26 Februari, akan berusia 49 tahun.

“Saya berterima kasih kepada klub dan staf, juga suporter yang terus memberikan saya dukungan. Saya akan terus memberikan yang terbaik,” kata Miura.

Situs resmi J-League, menyebutnya sebagai pemain tertua dan pencetak gol tertua yang pernah bermain di Liga Jepang. Musim ini, Miura tampil 16 kali untuk Yokohama dan mencetak 3 gol.

Di Jepang, Miura adalah legenda hidup. Ia pernah memperkuat timnas Jepang sebanyak 89 kali dari kurun waktu 1990 hingga 2000 dan mencetak 55 gol.

Kariernya juga diwarnai petualangan ke liga lain. Miura tercatat pernah memperkuat Santos (Brasil), Genoa (Italia), Dinamo Zagreb (Kroasia), dan Sydney FC (Australia).[]