Langkah Inter Diliga Champions Tergantung Barcelona

68

WARTABUANA – Mimpi wakil Italia,  Inter Milan,  untuk melaju kebabak 16 besar tertunda. Anak asuh Spalletti itu tumbang sebiji gol dikandang Hotspur.

Artinya kekalahan dari Tottenham Hotspur membuat Inter Milan harus menunggu sampai matchday enam untuk memastikan satu tiket ke babak 16 besar dengan catatan sebagai berikut.

Bertamu ke kandang Spurs, Stadion Wembley, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB, dalam matchday lima Inter sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk memastikan melaju ke babak 16 besar lebih awal. Faktanya, I Nerazzurri malah menyerah 0-1 dari Spurs berkat gol Cristian Eriksen di menit ke-80.

Dengan hasil tersebut, Inter dan Spurs akan saling berebut satu tiket tersisa di matchday enam. Tottenham saat ini berada di urutan dua unggul head-to-head dari Inter di posisi tiga yang sama-sama mengemas nilai tujuh.

Di laga terakhir pada 12 Desember mendatang, Inter akan menjamu PSV yang sudah dipastikan tidak lolos sedangkan Spurs bertamu ke Barcelona yang sudah menyandang status juara grup.

Inter wajib menang atas PSV di Giuseppe Meazza, sedangkan di laga lainnya Barca tidak kehilangan atas Spurs. Dengan skema ini, Inter akan berstatus sebagai runner-up dengan nilai sepuluh, sedangkan Spurs finish di urutan tiga dengan tujuh poin dan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.

Sebaliknya, hasil imbang apalagi kalah dari PSV akan sangat beresiko bagi Inter, apalagi jika Spurs mampu mencuri poin dari Nou Camp. Hasil ini akan mengandaskan langkah Inter, karena Spurs punya keunggulan head-to-headdari I Nerazzurri.

Pelatih Inter, Luciano Spalletti, meyakini Barca tidak akan setengah hati menghadapi Spurs di laga terakhir yang sudah tak berarti lagi bagi Lionel Messi dan kawan-kawan.

“Sama sekali tidak terlintas di pikiran saya, pemain seperti Gerard Pique, Lionel Messi dan Luis Suarez mau menelan kekalahan di rumah sendiri. Itu bukan masalahnya,” kata Spalletti dikutip dari Football-Italia.[]