Pembukaan SEA Games “Bermandi” Cahaya

152

WARTABUANA –  Pembukaan SEA Games 2014 di National Stadium , Singapura disaksikan sekitar 52 ribu orang. Satdion megah itu bermandi cahaya saat beragam pertunjukkan silih berganti tampil menghibur.

 

Di awal acara, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, memimpin menyanyikan lagu kebangsaan, Majulah Singapura. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ratusan orang melakukan gerakan menari di tengah lapangan. Mereka memakai berbagai kostum yang berbeda, namun menampilkan ciri khas kebudayaan Singapura.

 

Dengan menggambarkan kemeriahan dan penuh warna, tampaknya panitia penyelenggara ingin menunjukkan kesan ceria dalam pembukaan ajang dua tahunan ini.

 

Selang beberapa menit kemudian, penonton yang hadir di tribun kembali dibuat bergemuruh ketika melihat Nila, maskot SEA Games ke-28, terbang mengelilingi stadion dan kemudian mendarat di tengah lapangan.

 

Tarian taman beraneka warna dan empat pertunjukan tradisional Kota Singa ikut mengisi acara pada Jumat (5/6/2015) malam. Tarian yang menampilkan aneka rupa dan warna dedaunan beserta boneka burung dan kumbang bagai menyambut para delegasi dari 11 negara ASEAN.

 

Pada kesempatan itu, Singapura menampilkan empat pertunjukkan tradisional yaitu tarian India, Dikir Barat, Jingkil Nona, dan perkusi Tiongkok.

 

Gegap gempita pembukaan SEA Games 2015 tampak meriah dengan paduan teknologi digital baik pada sisi bawah dan atap stadion serta pantuan cahaya dari tiruan medali dari para penonton.

 

Panitia SEA Games 2015 telah menyiapkan kalung tiruan medali untuk dipakai para penonton yang hadir dalam pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

 

Tiruan medali tersebut memantulkan cahaya dari sisi tribun penonton sehingga seluruh sisi stadion penuh dengan aneka warna digital.

 

Selain tarian dan kecanggihan teknologi digital, Singapura juga memperkenalkan maskot SEA Games ke-28 yaitu Sang Nila Utama yang tampak menyerupai singa.

 

Nila memperkenalkan diri kepada para penonton dengan melakukan terjun payung dan mendarat tepat di dekat tribun timur stadion yang terletak di Kallang Singapura itu.

 

Dari sisi luar, pembukaan SEA Games 2015 juga tampil meriah dengan pertunjukkan kembang api beraneka warna.

 

Sebanyak 11 negara-negara ASEAN yang terbagi dalam 11 kontingen turut hadir dan mengikuti kejuaraan 36 cabang olahraga yang diselenggarakan sejak 29 Mei itu. []