Pensiun, Alonso Susul Xaxi dan Villa

191

MADRID, WB – Satu lagi nama besar pemain senior Spanyol yang memutuskan untuk pensiun.  Setelah Xavi Hernandez dan David Villa, kini giliran Xabi Alonso yang ikut-ikutan gantung sepatu.

 

Meski belum secara resmi membicarakannya langsung kepada federasi sepakbola Spanyol (RFEF), namun gelandang Real Madrid ini sudah mengumumkan pengunduran dirinya melalui akun twitter.

 

Alonso mengawali debut perdananya pada April 2003 saat membela Tim Matador kontra Ekuador dalam laga friendly match. Itu artinya, sudah 11 tahun lamanya Alonso berseragam Timnas.

 

Karirnya pun semakin melonjak. Alonso juga terus jadi langganan dan pilihan utama La Furia Roja baik saat masih ditangani Inaki Saez, Luis Aragones, hingga Vicente Del Bosque. Alonso jadi salah pemain Spanyol dengan caps terbanyak yakni 114 caps dan mencetak 16 gol.

 

Alonso juga ikut berperan besar saat Spanyol sukses jadi penguasa pentas sepakbola dunia dalam memperebutkan dua trofi Piala Eropa dan satu trofi Piala Dunia. Penampilan terakhir Alonso bersama negaranya adalah saat tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014.

 

“Saya mengumumkan pensiun dari tim nasional. Saya merasa sangat terhormat bisa menjalani 11 tahun yang hebat ini. Terima kasih kepada semua yang terlibat,” ujar Alonso seperti dikutip Sky Sports.

 

Dengan mundurnya Alonso dari Timnas, menjadikan dia pemain ketiga Spanyol yang mengumumkan pensiun usai Piala Dunia 2014, setelah Xavi dan David Villa. []