Ronaldo Kartu Merah, Sepuluh Pemain Juve Bungkam Valensia

68

WARTABUANA – Juventus sukses mencuri kemenangan di kandang Valencia dengan skor akhir 0-2. Padahal dalam pertandingan tersebut, Cristiano Ronaldo yang menjalani debutnya bersama Juve di Liga Champions Eropa ini malah mendapat kartu merah.

Bertamu ke markasa Valencia, Estadio Mestalla, Kamis (20/9/2018) dini hari WIB, dalam matchday pertama Grup H Liga Champions Eropa 2018-19, Juve melakukan 52 persen penguasaan bola berbanding 48 persen yang dilakukan tuan rumah.

Valencia juga lebih banyak melepaskan percobaan, mereka tercatat melakukan 15 shot dengan tujuh diantaranya mengarah ke gawang. Juve lebih efisien dalam melakukan ancaman, dari delapan shots ada dua yang berujung gol walaupun dari titik 12 pas.

Valencia mengambil inisiatif bermain menyerang sejak menit pertama. Namun demikian, Juventus yang mendapat peluang pertama. Di menit ke-11 umpan silang Blaise Matuidi mengarah ke Mario Mandzukic di area penalti, tetapi penyerang kebangsaan Kroasia itu gagal mengonversikannya jadi gol.

Enam menit berselang peluang yang dikreasikan Federico Bernadeschi dari sisi kanan pertahanan lawan gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Sami Khedira yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Sepakannya malah melambung tinggi.

Peluang terbaik Juve hadir di menit ke-21. Mereka mendapat dua peluang emas di mulut gawang Valencia. Sepakan Bernardeschi berhasil ditangguhkan Neto dan tembakan susulan Matuidi berhasil diblok pemain belakang Valencia tepat di muka gawang.

Juventus harus kehilangan Khedira di menit ke-23 karena mengalami cedera. Ia digantikan Emre Can.

Memasuki menit ke-25 pertandingan berjalan keras. Ronaldo yang mendapat pengawalan ketat beberapa kali terlibat perseteruan dengan bek lawan. Puncaknya, insiden di menit ke-30 yang berujung kartu merah langsung kepada Ronaldo.

Tidak jelas apa yang terjadi antara Ronaldo dengan Murillo, namun wasit sudah membuat keputusan.

Bermain dengan 10 orang Juve masih bermain menyerang terutama dari sektor sayap kiri yang ditempati Alex Sandro. Upaya I Bianconeri memecah kebuntuan mendapat jalan di menit ke-46.

Pelanggaran Dani Parejo kepada Joao Cancelo yang hendak menyambut bola rebound di area penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Miralem Pjanic yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya mencetak gol. Skor 0-1 bagi keunggulan Juve menutup babak pertama.

Tertinggal satu gol, Valencia menggebrak sejak awal babak kedua. Peluangh didapatkan Rodrigo tetapi bola kirimannya masih bisa diamankan Wojciech Szczesny.

Juve kembali mendapat penalti di menit ke-51. Murillo dianggap dengan sengaja menjatuhkan Leonardo Bonucci di area terlarang dalam situasi tendangan sudut. Pjanic yang kembali jadi penendang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menggandakan skor jadi 0-2.

Tertinggal dua gol, Valencia yang unggul jumlah pemain tak mau menyerah. Mereka terus berusaha mencoba mengurung pertahanan Juve. Menit ke-65, sepakan Wass menyasar sudut gawang Juve yang masih bisa dihentikan Szczesny.

Pelatih Valencia, Marcelinho, berinisiatif melakukan penyegaran dengan memasukkan Santi Mina dan Kevin Gameiro yang bertipe menyerang.

Memasuki 10 menit akhir waktu normal, Juve menumpuk hampir semua pemainnya di area permainan sendiri. Mereka mencoba mengamankan kemenangan.

Situasi tersebut semakin mempersulit pemain Valencia merangsek masuk sampai area penalti Juve, salah satu cara adalah melepaskan sepakan spekulasi seperti yang dilakukan Carlos Soler yang masih melenceng tipis di menit ke-81.

Juve punya kesempatan melakukan serangan balik cepat di menit ke-84. Percobaan Douglas Costa masih bisa dimentahkan Neto.

Valencia sebenarnya punya peluang bagus untuk menipiskan skor di masa injury, pelanggaran Daniel Rugani di area penalti berujung tendangan 12 pas bagi Los Che. Sayang, sepakan Dani Parejo masih bisa digagalkan Szczesny.

Sampai peluit akhir dibunyikan kemenangan 2-0 Juve atas Valencia tak berubah.

Kemenangan tersebut menempatkan Juve di urutan kedua Grup H dengan nilai tiga. Mereka hanya kalah produktifitas gol dari Manchester United yang menang 3-0 atas Young Boy.[]