Sevilla Permalukan Barcelona Dua Gol Tanpa Balas

130
SEVILLE, SPAIN - JANUARY 23: Pablo Sarabia of Sevilla FC scores the opening goal during the Copa del Quarter Final match between Sevilla FC and FC Barcelona at Estadio Ramon Sanchez Pizjuan on January 23, 2019 in Seville, Spain. (Photo by Aitor Alcalde/Getty Images)

WARTABUANABarcelona harus mengakui keunggulan Sevilla usai dikalahkan dengan skor 0-2 pada leg pertama perempatfinal Piala Raja Spanyol, Kamis (24/1/2019) dini hari WIB.

Bertamu ke Ramon Sanchez Pijzuan Stadium, Barcelona tidak perkuat oleh megabintang mereka Lionel Messi. Di laga ini pelatih Ernesto Valverde menurunkan Kevin-Prince Boateng, Carles Alena dan Malcom di lini serang meraka.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Barcelona berhasil menguasai pertandingan di awal babak pertama dengan mencatatkan penguasaan bola 65 persen berbanding 35 persen milik Sevilla. Namun mereka masih kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Sevilla.

Hingga menit ke-24 tak ada peluang yang berbahaya yang diciptakan oleh kedua kesebelasan. Memasuki menit ke-25 Sevilla meminta penalti kepada wasit karena mengganggap Arturo Vidal melakuak handball di dalam kontak penalti, namun wasit tidak mengabulkan pemintaan tersebut.

Menit ke-35 Sevilla hampir mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat aksi Ben Yedder, namun penyelesaian akhirnya belum mampu membobol gawang Barcelona yang dikawal oleh Jasper Cillessen.

Enam menit berselang Barcelona langsung merespon serengan Sevilla. Tim tamu mendapatkan peluang mencetak gol, namun tembakan yang dilepaskan Malcom masih melebar di sisi gawang Barcelona.

Di akhir babak pertama Sevilla kembali mengancam gawang Barcelona dan hampir unggul, namun beruntung Cillessen berhasil menggagalkan tembakan yang dilepaskan Ben Yedder. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, gol yang ditunggu-tunggu Sevilla pun akhirnya datang. Menit ke-58 tuan rumah berhasil unggul, setelah Pablo Sarabia menyarangkan bola ke gawang Barcelona menuntaskan umpan dari Quincy Promes. Skor 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Valverde langsung bereaksi dengan memasukkan dua pemain andalannya, yakni Luiz Suarez menggantikan Boateng dan Philippe Coutinho menggantikan Malcom.

Mendapatkan suntikan tenaga baru langsung menaikkan tempo permainan mereka. Menit ke-64 Barceloan hampir menyamakan kedudukan, namun sayang bola hasil sepakan Coutinho masih membentur mistar gawang.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Barcelona malah kembali kebobolan. Menit ke-76 Sevilla menggandakan keunggulan mereka lewat gol yang dicetak Ben Yedder, setelah menyontek umpan dari Ever Banega. Skor 2-0.

Unggul dua gol membuat Sevilla lebih banyak bertahan dan memperkuat lini pertahanan mereka, dan membuat Barcelona kesulitan mengejar ketertinggalan mereka. Hingga laga usai skor 2-0 tetap bertahan.

Dengan kekalahan ini Barceloan memiliki misi yang berat saat menjamu Sevilla pada leg kedua nanti di Camp Nou, di mana mereka harus menang 3-0 untuk memastikan di lolos ke babak semifinal.[]