Taklukan Serbia, Brasil Jadi Juara Grup E

176

 

RUSIA, WB – Timnas Brasil peroleh tiket ke 16 besar Piala Dunia 2018 setelah menang dari Serbia dengan skor 2-0. Kemenangan itu juga memposisikan Tim Samba ini sebagai juara Grup E dengan poin tujuh dari tiga pertandingan.  

 

Kemenangan Brasil itu ditoreh dalam matchday terakhir Grup E, di Stadion Otkrytiye Arena, Rabu (27/6/2018) atau Kamis dini hari WIB. Di Grup E, Brasil unggul dua angka dari Swiss yang berada di peringkat kedua. Sementara itu, Serbia berada di peringkat ketiga, diikuti Kosta Rika yang menjadi juru kunci.

 

Brasil tampil menekan sejak menit pertama. Pada menit ke-36, upaya Brasil membuahkan hasil setelah Paulinho mencetak gol pertama. Menerima umpan lambung dari Philippe Coutinho, Paulinho melepaskan tendangan yang bolanya tak mampu dihalau kiper Serbia, Vladimir Stojkovic.

 

Serbia mencoba membalas. Selepas turun minum, Serbia mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Sayang, bola tendangan Nemanja Matic masih dapat dihalau Marcelo di dalam kotak penalti.

 

Terus menyerang agar menyamakan kedudukan, Serbia justru kembali kebobolan pada menit ke-68. Kali ini giliran Thiago Silva yang sukses memaksimalkan umpan tendangan pojok Neymar dengan sundulan kepala yang bolanya tak dapat diantisipasi Stojkovic.

 

Pada menit-menit akhir, Brasil kembali menguasai jalannya pertandingan. Namun, sejumlah peluang yang diperoleh Neymar dan kawan-kawan gagal dikonversi menjadi gol tambahan. []