Australia dan Qatar Mundur dari Copa America

57
Hugo Figueredo (kedua dari kanan), Direktur Kompetisi Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), memegang nama tim Qatar saat pengundian Copa America 2020 di Cartagena, Kolombia, pada 3 Desember 2019. (Xinhua/Jhon Paz)

WARTABUANA – Australia dan Qatar mengundurkan diri dari Copa America tahun ini karena bentrok dengan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, kata seorang pejabat Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) pada Selasa (23/2).

Kedua negara diundang untuk berpartisipasi sebagai tamu dalam turnamen yang akan digelar di Kolombia dan Argentina mulai 11 Juni hingga 10 Juli itu.

“Qatar dan Australia tidak akan bisa datang karena akan ada babak kualifikasi di benua mereka pada tanggal-tanggal tersebut,” kata Sekretaris Jenderal CONMEBOL Gonzalo Belloso kepada stasiun radio Argentina, La Red.

Australia tergabung dalam Grup A bersama Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile, dan Paraguay, sementara Qatar ditempatkan di Grup B bersama juara bertahan Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador, dan Peru.

Belloso mengatakan kompetisi tidak akan diubah, kecuali pengurangan jumlah pertandingan.

Sedianya digelar pada 2020, Copa America edisi ke-47 ditunda satu tahun akibat COVID-19.

Ini akan menjadi kali pertama turnamen sepak bola internasional tertua di dunia itu digelar di dua negara.

Meskipun pandemi masih melanda, Belloso mengatakan tidak ada kemungkinan kompetisi dibatalkan dan berharap para fans dapat hadir di stadion menonton langsung pertandingan.

“Copa America sudah 100 persen terkonfirmasi. Idenya adalah bahwa turnamen ini akan digelar di stadion dengan batasan 30 persen dari kapasitas (penonton),” imbuhnya. [Xinhua]

Baca Juga :  Schweinsteiger Bisa Tak Ikut Piala Dunia