Ilmuwan China Kembangkan Pesawat Amfibi  Nirawak

5
Seorang peneliti di Universitas Jiaotong Shanghai memperlihatkan "Nezha", pesawat amfibi nirawak yang dapat lepas landas dan menyelam di bawah air, pada 1 April 2021. (Xinhua/Zhang Jiansong)

SHANGHAI – Sejumlah ilmuwan China berhasil mengembangkan sebuah pesawat amfibi nirawak yang dapat lepas landas dan menyelam di bawah air.

Diberi nama Nezha, sosok mitologi yang dicintai di China, desain pesawat ini menampilkan sayap tetap (fixed wing) di kedua sisi badan pesawat dan rotor di bagian atas. Lengan rotor tersebut dapat dilipat setelah pesawat menyelam ke dalam air dan dibuka saat muncul ke permukaan.

Pesawat itu dibuat oleh para peneliti dari Universitas Jiaotong Shanghai setelah melakukan penelitian selama lima tahun, yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal internasional Ocean Engineering.

Para peneliti memasang rotor pada pesawat di Universitas Jiaotong Shanghai pada 1 April 2021. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Desain tersebut mengintegrasikan konsep pesawat layang (glider) bawah air dan kendaraan udara nirawak, memungkinkannya terbang, melayang di udara dan mendarat di atas air, serta menyelam, ujar salah satu penulis Zeng Zheng, seorang associate researcher di Fakultas Oseanologi universitas itu.

“Pemikiran konvensional mengatakan tidak ada pesawat yang dapat terbang sekaligus menyelam. Kami menciptakan Nezha untuk mematahkan stereotip semacam itu, memungkinkannya melakukan perjalanan dengan bebas melalui udara dan air,” kata Zeng.

Menurut para peneliti, pesawat yang dipatenkan itu dapat beroperasi pada kedalaman 50 meter di bawah air, dan memiliki kapasitas muatan maksimal 5 kilogram. Tahun lalu, pesawat tersebut diuji coba di Danau Qiandao, Provinsi Zhejiang, China timur, dan tahun ini akan menjalani uji coba laut di Laut China Selatan.

Nezha dapat digunakan secara luas dalam misi pencarian dan penyelamatan maritim serta ilmu dan teknik kelautan, imbuh para ahli.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments