Swedia Kembangkan Infrastruktur Digital Sertifikat Vaksinasi

5

STOCKHOLM – Pemerintah Swedia baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengalokasikan 30 juta krona Swedia (1 krona Swedia = Rp1.735) untuk pengembangan infrastruktur digital bersama guna menerbitkan sertifikat vaksinasi.

Usulan perihal sertifikat vaksinasi tersebut bertujuan agar semua orang yang telah divaksinasi COVID-19 di Swedia dapat dengan mudah menyampaikan informasi yang dapat diverifikasi tentang vaksinasi yang telah dijalani, baik secara digital maupun di atas kertas.

Sertifikat vaksinasi itu dirancang untuk memenuhi persyaratan internasional serta dimaksudkan untuk memfasilitasi perjalanan dan keperluan sejenis lainnya.

Upaya pengembangan solusi teknis akan dilakukan selama musim semi dan melibatkan Badan Kesehatan Elektronik, Badan Kesehatan Masyarakat, dan Badan Pemerintah Digital di Swedia. Sistem tersebut diperkirakan akan diterapkan pada Juni mendatang.

Pada pertengahan Maret, Komisi Eropa mengajukan peraturan yang mengusulkan standar umum Uni Eropa untuk sebuah sertifikat hijau digital yang mencakup sertifikat vaksinasi. Tujuan dari sertifikat ini adalah untuk memfasilitasi perjalanan bebas.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Stockholm. (XHTV)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments