ADB Danai Peluncuran Vaksin COVID-19 di Empat  Negara Pasifik

4

MANILA – Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) pada Senin (26/4) menyatakan menyetujui pemberian hibah sebesar 18,9 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp14.482) guna membantu empat negara berkembang di Pasifik dalam meluncurkan vaksin yang aman dan efektif melawan COVID-19.

Bank yang berbasis di Manila itu mengatakan hibah kepada empat anggotanya itu, yakni Samoa (8 juta dolar AS), Tonga (5,5 juta dolar AS), Tuvalu (1,5 juta dolar AS), dan Vanuatu (3,9 juta dolar AS), akan mendukung program vaksinasi COVID-19 mereka untuk populasi gabungan hampir 600.000 orang.

“Negara-negara ini telah menanggung biaya cukup besar dalam mencegah penularan COVID-19, dan sistem kesehatan mereka berada di bawah tekanan ekstrem,” kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa dalam pernyataannya.

“Hibah ini akan menyediakan platform untuk memberikan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif di negara-negara ini, memperkuat sistem kesehatan untuk menerima dan memberikan vaksin itu, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang jadwal vaksinasi,” imbuhnya.

Hingga Maret 2021, ADB telah mengalokasikan lebih dari 750 juta dolar AS, termasuk pembiayaan bersama dan bantuan teknis, guna mendukung respons negara-negara Pasifik terhadap pandemi COVID-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Vanuatu melaporkan tiga kasus terkonfirmasi COVID-19, sementara Samoa memiliki satu kasus. Tuvalu dan Tonga sama-sama tidak memiliki kasus COVID-19.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments