India Serukan Kerjasama Internasional Perangi COVID-19

4
Sejumlah tenaga kesehatan menyiapkan ruang oksigen untuk pasien COVID-19 di Kolkata, India, pada 3 Mei 2021. (Xinhua/Stringer)

NEW DELHI – Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman pada Senin (3/5) mengatakan bahwa peningkatan kerja sama regional dan global merupakan kunci keberhasilan dalam upaya bersama mengejar pemulihan yang kuat menyusul pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Menurut Sitharaman, informasi tentang sarana untuk memerangi COVID-19 harus dibagikan secara internasional.

“Informasi tentang semua sarana untuk memerangi COVID-19, (yaitu) diagnostik, terapeutik, vaksin, atau teknologi harus dibagikan secara internasional,” katanya saat berbicara pada pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Sitharaman menekankan kebutuhan untuk memungkinkan India mengakses bahan baku penting yang esensial dalam meningkatkan kapasitas produksi vaksin India.

Seorang tenaga medis memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada seorang wanita di sebuah sekolah negeri di Delhi, India, pada 3 Mei 2021. (Xinhua/Partha Sarkar)

“Kerja sama untuk pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan membutuhkan keterlibatan lembaga multilateral dalam penciptaan aset digital serta aset tahan bencana sambil mengutamakan pembangunan manusia,” katanya, seraya memastikan bahwa India siap memperkuat seluruh upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama regional dan global.

Sitharaman mengapresiasi ADB yang telah memberikan dukungan keuangan untuk proyek COVID-19 dan non-COVID-19 tepat pada waktunya.

“Harus ada fokus yang lebih besar pada ketahanan kesehatan di Asia-Pasifik dan ADB harus memberikan solusi komprehensif guna mengatasi hal itu,” katanya.

ADB, yang memiliki 68 anggota, menggelar Pertemuan Tahunan Dewan Gubernur ke-54 secara virtual pada 3-5 Mei, dengan fokus pada pendalaman kolaborasi untuk pemulihan yang kuat dan ramah lingkungan dari pandemi COVID-19.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments