Kiriman Pertama Vaksin Sputnik V Rusia Tiba di India

4

NEW DELHI – India pada Sabtu (1/5) menerima pengiriman pertama vaksin COVID-19 buatan Rusia, Sputnik V, menurut para pejabat.

“Vaksin Sputnik V tiba di Hyderabad dari Rusia! Akan menambah ‘persenjataan’ India untuk memerangi pandemi. Opsi ketiga ini akan meningkatkan kapasitas vaksin kami dan mempercepat kampanye vaksinasi kami,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi dalam pernyataan singkat.

Dia juga membagikan foto-foto kiriman vaksin yang diabadikan di bandara.

“Ini merupakan pengiriman pertama yang terdiri dari 150.000 dosis vaksin Sputnik V dengan jutaan dosis lainnya akan menyusul,” kata Bagchi.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa vaksin tersebut akan diangkut ke perusahaan farmasi Dr Reddy’s Laboratories di Hyderabad, yang bekerja sama dengan Dana Investasi Langsung Rusia (Russian Direct Investment Fund/RDIF) untuk memproduksi Sputnik V di India.

Sementara itu, pihak Dr Reddy’s mengatakan peluncuran Sputnik V akan menjalani prosedur perizinan yang diperlukan.

Sputnik V akan menjadi vaksin COVID-19 ketiga di India setelah Covaxin dan Covishield.

Vaksin tersebut tiba saat gelombang kedua COVID-19 merajalela di India dan penambahan kasus harian mencetak rekor baru setiap harinya.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India pada Sabtu pagi waktu setempat mengatakan 401.993 kasus baru COVID-19 dan 3.523 kematian terkait dilaporkan dalam kurun waktu 24 jam terakhir di seluruh penjuru negara tersebut.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments