Tangkal Norovirus, Australia Imbau Warganya Cuci Tangan Pakai Sabun

7

SYDNEY – Otoritas kesehatan di Australia mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan sabun dan air alih-alih hanya mengandalkan gel pembersih tangan guna menangkal norovirus.

Dewan Informasi Keamanan Pangan (Food Safety Information Council/FSIC) Australia pada Rabu (28/4) mengeluarkan imbauan itu menyusul merebaknya ratusan kasus flu perut di seantero negara tersebut dalam lima bulan terakhir. Hampir 390 kasus telah dilaporkan di Negara Bagian Victoria pada tahun ini, empat kali lebih tinggi dibandingkan angka rata-rata.

“Norovirus sangat menular. Satu orang yang terinfeksi dapat menyebarkannya dengan mudah ke banyak orang lainnya, terutama jika mereka tidak membersihkan kedua tangan mereka dengan baik atau menyiapkan makanan atau minuman untuk orang lain saat mereka sakit,” ungkap Ketua FSIC Cathy Moir.

Dia menuturkan tidak semua virus sama dan kendati gel pembersih tangan sangat efektif dalam mengurangi penyebaran COVID-19, hal itu memiliki efek yang kecil terhadap penyebaran norovirus.

FSIC mengimbau kepada masyarakat agar mencuci kedua tangan mereka secara berkala menggunakan sabun dan air hangat selama 20 detik dan mengeringkannya selama 20 detik lagi untuk menghilangkan norovirus secara efektif.

Waktu yang paling penting untuk mencuci tangan adalah setelah keluar dari toilet, muntah, mengganti popok, membersihkan muntahan atau feses (tinja), atau merawat orang sakit yang muntah-muntah, dan sebelum makan serta menyiapkan makanan.

FSIC juga mengimbau untuk tidak menyiapkan makanan atau minuman untuk orang lain saat menderita flu perut, dan tidak berbagi piring, peralatan, atau botol minuman dengan orang lain.

Gejala norovirus meliputi diare, muntah-muntah, mual, dan sakit perut. Virus itu biasanya menyebar lewat makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi atau kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Penyebaran virus itu biasanya terjadi selama musim dingin.

Baca Juga :  Finlandia Produksi Semprotan Hidung Cegah Covid-19

Penyebaran norovirus biasanya terjadi pada orang-orang yang tinggal di tempat-tempat tertutup, seperti fasilitas perawatan lansia, rumah sakit, kapal pesiar, dan acara olahraga besar.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments