Al Gore Sebut China Akan “Lebihi” Targetnya Dalam Emisi Karbon

3
Al Gore /ist

WASHINGTON – Mantan wakil presiden (wapres) Amerika Serikat (AS) Al Gore pada Kamis (22/4) mengatakan bahwa China akan “melebihi” targetnya untuk mencapai puncak emisi karbon dioksida (CO2) sebelum tahun 2030 dan mencapai netralitas karbon sebelum tahun 2060.

“Saya pikir China akan melebihi targetnya tersebut,” kata Gore dalam wawancaranya dengan Washington Post Live.

“Mereka memiliki sejarah dalam merencanakan pekerjaannya dan kemudian mengerjakan rencananya. Mereka menetapkan target hanya ketika mereka benar-benar yakin dapat mencapainya, dan mereka sering kali melebihi targetnya,” kata Gore.

Gore mengatakan banyak pihak terkejut ketika Presiden China Xi Jinping membuat pengumuman musim gugur lalu bahwa China sedang berjuang mencapai puncak emisi CO2 sebelum 2030 dan emisi nol bersih sebelum 2060.

Berbicara pada KTT Para Pemimpin mengenai Iklim melalui tautan video dari Beijing pada Kamis, Xi menegaskan kembali target pengurangan emisi negara itu dan mengatakan China akan terus memprioritaskan konservasi ekologi serta mengejar jalur pembangunan hijau dan rendah karbon.

Xi mengatakan China membutuhkan “upaya yang luar biasa besar” guna mewujudkan targetnya untuk beralih dari puncak karbon ke netralitas karbon, yang dalam rentang waktu jauh lebih pendek daripada yang mungkin dibutuhkan banyak negara maju.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments