Kanada Akan Pangkas Emisi Hingga 45 Persen Per 2030

5

OTTAWA – Kanada menetapkan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 40 hingga 45 persen di bawah level tahun 2005 per 2030 nanti, demikian disampaikan Perdana Menteri Justin Trudeau pada Kamis (22/4).

Trudeau mengumumkan target ambisius itu dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) pemimpin dunia terkait perubahan iklim yang digelar secara virtual, seraya mengatakan bahwa Kanada berada di jalur yang benar untuk melampaui target pengurangan 30 persen yang disepakati di bawah Perjanjian Paris.

Dengan komitmen baru tersebut, Kanada memperkirakan emisinya akan turun menjadi setidaknya 439 megaton pada akhir dekade ini. Negara itu menghasilkan emisi setara karbon dioksida sebesar 730 megaton pada 2019, menurut data resmi.

Menurut Trudeau, Kanada sedang berupaya mewujudkan emisi nol bersih pada 2050. Pemerintahannya berinvestasi di sektor transportasi umum, energi bersih, rumah yang lebih ramah lingkungan, serta dekarbonisasi industri baja, semen, dan aluminium.

Kanada juga berupaya untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai yang berbahaya dan menanam 2 miliar pohon, imbuhnya.

Dikatakan Trudeau bahwa mungkin sulit bagi Kanada sebagai salah satu produsen energi terbesar untuk melakukan pengurangan emisi yang signifikan, namun semua negara harus mengatasi tantangan ini.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments