Pembangkit Listrik yang Didanai China Salurkan Listrik ke Rumah Sakit Anak di Gaza

20

GAZA  – Jalur Gaza pada Rabu (7/4) meresmikan sebuah pembangkit listrik tenaga surya yang didanai China di sebuah rumah sakit anak.

Proyek pembangkit listrik tenaga surya yang mampu menyediakan 30 kW daya listrik bagi Rumah Sakit Anak Al-Durrah di Kota Gaza itu diwujudkan melalui Give Palestine Association, organisasi amal di wilayah enklave pesisir itu.

Dalam sebuah upacara daring, Guo Wei, Kepala Kantor Republik Rakyat China untuk Palestina, mengatakan China berkomitmen untuk mengimplementasikan “proyek-proyek yang akan membantu warga Palestina meningkatkan penghidupan sesuai dengan kebutuhan mereka dan memberikan lebih banyak manfaat bagi warga Palestina.”

Guo mengatakan China adalah “mitra dan teman yang dapat dipercaya” bagi Palestina. Dia menambahkan bahwa proyek ini mencerminkan “rasa persahabatan yang mendalam dari warga China terhadap warga Palestina.”

“China akan terus membantu Palestina meningkatkan penghidupan warganya dan mengambil langkah-langkah konkret untuk membangun masyarakat dengan masa depan bersama bagi umat manusia serta menyuntikkan hal baru ke dalam persahabatan tradisional China-Palestina,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Give Palestine Association Emad al-Agha mengatakan proyek yang didanai China itu dapat menyediakan 60 persen dari total daya listrik yang diperlukan untuk pengoperasian Rumah Sakit Anak Al-Durrah.

“Bantuan China bagi rumah sakit ini menjadi kelanjutan dari apa yang diberikan China bagi warga Palestina di semua level, khususnya kebutuhan anak-anak Palestina,” tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jalur Gaza mengalami defisit listrik kronis, yang memperburuk kondisi kehidupan yang sudah rentan.  [Xinhua]

Baca Juga :  Inilah Beragam Kegiatan Saat Rayakan Festival Qingming di China