Perusahaan China Bangun Jalan Tol Ramah Lingkungan di Kamboja

19

KAMPONG SPEU –  Jalan Tol Phnom Penh-Sihanoukville atau Jalan Tol PPSHV, yang menghubungkan ibu kota Phnom Penh dan provinsi pelabuhan laut dalam Preah Sihanouk di Kamboja barat daya, merupakan jalan tol pertama yang sedang dibangun di Kamboja.

Dibangun oleh perusahaan China Road and Bridge Corporation (CRBC), proyek ini menerapkan serangkaian gagasan pembangunan ramah lingkungan.

Di Tambang Shenghua, yang memproduksi batu pecah untuk proyek tersebut, teknologi ramah lingkungan telah diadopsi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Mengingat beberapa bagian dari proyek ini berjarak sangat dekat dengan Taman Nasional Kirirom, langkah-langkah perlindungan satwa pun turut diterapkan.

Dengan pengalamannya di bidang perlindungan lingkungan di China, perusahaan tersebut menetapkan standar baru bagi industri konstruksi Kamboja.

Jalan tol sepanjang 190 kilometer ini akan memiliki dua lajur di masing-masing arah, yang dapat dilewati kendaraan dengan kecepatan hingga 100 kilometer per jam. Proyek ini diharapkan akan menjadi urat nadi perekonomian Kamboja. []

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kampong Speu, Kamboja. (XHTV)