PLTA Terbesar Kedua di China Mulai Beroperasi Juli Tahun Ini

18
Foto dari udara yang diabadikan pada 11 Juli 2018 ini menunjukkan lokasi konstruksi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Baihetan, yang terletak di hilir Sungai Jinsha di wilayah Ningnan, Provinsi Sichuan dan wilayah Qiaojia, Provinsi Yunnan yang saling bertetangga di China barat daya. (Xinhua/Hu Chao)

KUNMING  – Sebuah pembangkit listrik tenaga air (PLTA) raksasa baru di China telah memulai proses penampungan air di bendungannya, bersiap untuk mulai menghasilkan listrik pada Juli.

PLTA Baihetan terletak di Sungai Jinsha, bagian hulu Sungai Yangtze, yang melintasi provinsi Yunnan dan Sichuan, China barat daya.

Dengan total kapasitas terpasang 16 juta kilowatt, Baihetan merupakan PLTA terbesar kedua di China dalam hal kapasitas terpasang setelah proyek Tiga Ngarai (Three Gorges) di Provinsi Hubei, China tengah. Proyek ini dikerjakan oleh China Three Gorges Corporation.

Gelombang pertama unit pembangkit dari PLTA Baihetan dijadwalkan mulai beroperasi pada Juli 2021, dan semua unit diharapkan dapat beroperasi pada Juli 2022 mendatang.  [Xinhua]

Baca Juga :  Hari Air Sedunia di Marina Reservoir, Singapura