Menyusuri Situs Kuno di Guizhou

3

GUIYANG –  ZHOU XUANNI, Koresponden Xinhua ; “Halo, semua. Saya Zhou Xuanni dari Kantor Berita Xinhua. Baru-baru ini, Zhaoguodong, sebuah gua yang terletak di Kawasan Baru Gui’an, Provinsi Guizhou, China barat daya, didaftarkan sebagai salah satu dari 10 penemuan arkeologi baru terbaik di China.

Para arkeolog menemukan jejak hidup manusia gua Asia yang berasal dari 40.000 tahun silam. Pekerjaan penggalian reruntuhan itu dimulai sejak 2016 dan telah berlangsung selama 5 tahun.

Tim peneliti menemukan dua makam, 51 sisa pembakaran api dan sejumlah besar peralatan batu dan tulang yang dipoles.

Semua benda itu terkubur dalam lapisan budaya Zaman Batu Tua dan Zaman Batu Baru. Dalam dua periode ini, manusia purba menggunakan batu sebagai alat untuk mempermudah hidup mereka.

Ini salah satu perkakas batu terpoles paling awal yang ditemukan di China. Proyek penggalian ini juga menemukan sejumlah besar peralatan tulang yang terbuat dari tulang ikan dan tulang rusa.

Manusia purba menggunakan perkakas dari tulang untuk memasak. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa penemuan situs Zhaoguodong ini begitu penting? Zhang Xinglong, arkeolog yang menemukan situs ini mungkin bisa memberi jawabannya untuk Anda.”

ZHANG XINGLONG, associate researcher di institut peninggalan budaya dan arkeologi provinsi Guizhou ; “Situs Zhaoguodong berasal dari 45.000 tahun silam, sekitar pertengahan akhir Zaman Batu Baru. Bagi penelitian tentang asal-usul manusia modern, dan bagaimana manusia beradaptasi untuk bertahan hidup di iklim ekstrem, terutama manusia purba di daerah pegunungan China barat daya, penemuan ini memiliki signifikansi akademis yang besar. Selain itu, (situs) ini juga memiliki nilai budaya. Jika bisa dikembangkan sebagai pusat penelitian atau taman warisan, maka tentu akan memberikan signifikansi besar.”

Baca Juga :  Barang-barang Antik “Napoleon” Dipamerkan di Museum Waterloo 1815

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Guiyang, China. (XHTV)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments