Tibet Perluas Perpustakaan Daring Untuk Teks Kuno Langka

5

LHASA – Pusat perlindungan buku kuno Tibet di Daerah Otonom Tibet, China barat daya, telah memperluas perpustakaan digitalnya yang berisi buku dan folio kuno Tibet, memungkinkan ribuan teks langka diakses oleh masyarakat dari seluruh dunia.

Sebagai bagian dari upaya untuk melindungi budaya kuno di kawasan itu, pusat perlindungan tersebut mengumumkan telah memasukkan tambahan 18.000 halaman ke platform daringnya di situs web resmi Perpustakaan Tibet.

Penpa Tsering, Wakil Direktur Pusat Perlindungan Buku Kuno Tibet ; “Tujuan digitalisasi buku kuno adalah untuk memanfaatkannya sekaligus melindungi naskah asli buku kuno.”

Para pengguna dapat mencari, menyalin, dan mengunduh dokumen atau buku secara gratis di platform itu.

Untuk memastikan tidak ada kerusakan pada buku dan dokumen yang rapuh, pusat perlindungan tersebut menggunakan teknik canggih saat menyalinnya, seperti pemindaian berdefinisi tinggi tanpa kontak.

“Tidak hanya organisasi kami, tetapi banyak organisasi pengoleksi buku kuno lainnya akan membagikan buku-buku kuno berharga yang mereka koleksi melalui digitalisasi. Inilah arah pengembangan utama kami di masa depan.”

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Lhasa, China. (XHTV)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments