Inilah 7 Medsos Karya Anak Bangsa

263

 

WARTABUANA – Indonesia dengan jumlah penduduk nyaris 300 juta jiwa ini masuk barisan 5 besar pengguna sosmed seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Namun sangat sedikit yang tahu dan menggunakan sosmed produk anak bangsa.

 

Sekedar info, hingga hari ini s edikitnya sudah ada tujuh sosmed karya anak bangsa alias produk lokal, seperti ; Buzzbuddies, Sebangsa, Fupei, Kongkoow, Kwikku, Smaboy dan Paseban.

 

Agar kenal lebih dekat, berikut jatidiri singkat ke tujuh sosmed lokal tersebut:

 

1. Buzzbuddies

Medsos ini sudah ada sejak 2014. Penciptanya dua anak muda  Indonesia, Andrew Susanto dan Willy Lim. Medsos dengan tagline simple, complete, dan friendly ini menawarkan fitur yang beragam dan menarik.

 

Penggunanya bisa berinteraksi dengan orang lain berdasarkan minat dari kategori yang disediakan Buzzbuddies. Mirip seperti aplikasi medsos lainnya, pengguna bisa upload foto, update status, membuat polling, dan masih banyak lainnya.

 

2. Sebangsa

Medsos asal Jogja yang dibuat tahun lalu ini adalah salah satu yang menarik di Indonesia karena kontennya yang bernuansa lokal. Selain bisa melakukan hal umum seperti update status dan upload foto, Sebangsa menyediakan fitur unik yang kontennya berbobot untuk pengguna dalam keadaan darurat. Contohnya kaya fitur pesan panik yang bisa ngirim pesen ke lima orang terdekat jika pengguna dalam keadaan darurat.

 

3. Fupei

Fupei tuh singkatan dari ‘Friend Uniting Program Especially Indonesia’. Fupei yang dibuat sama seorang teknopreneur, Sanny Gaddafi memang dibuta untuk orang Indonesia. Fupei memudahkan pengguna untuk menacri teman tanpa ada limit-nya dan menemukan jurnal persahabatan.  Selain itu, ada banyak fitur-fitur keren buat eksis seperti album foto, music, shoutbox, video dan lainnya.

 

4. Kongkoow

Situs Kongkoow menyediakan akun e-mail, file sharing, video streaming, dan blogging. Di Kongkoow, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam hiburan, seperti game online hingga fitur buat download K-Music.

 

5. Kwikku

Kwikku rampung jadi medsos tahun 2013. Medsos  ini diciptakan dua mahasiswa, Ifa Alif dan Hamdi Musaad. Kwikku menyediakan fitur e-learning yang memfsilitasi kelas online, mall kwikku, blogging, sama cloud computing.

 

Pengguna juga bisa update status, foto, video, catatan, dan lainnya. Kerennya di Kwikku, bagi yang rajin update akan mendapat penilaian seperti rating, like, token, dan lainnya.

 

6. Smaboy

Smaboy dibuat sama SMAN 1 Boyolangu, Jawa Tengah. Soal tampilan memang mirip dengan Facebook, bedanya tema warna Smaboy itu hijau karena kampanyekan Green Life. Tapi, jika melihat situs jejaring sosialnya, patut diancungi jempol.  Fitur-fitue Smaboy tidak kalah bagus dengan FB. Contohnya ada fitur nulis blog, upload lagu, buat forum dan lainnya.

 

7. Paseban

Situs medsos yang berbasis komunitas ini mengajak pengguna untuk saling bersosialisasi. Tidak hanya itu saja, di Paseban menonjolkan sisi edukasi juga dengan fitur untuk latihan pengerjaan soal-soal dan artikel-artikel tentang pengetahuan. []