Ini Dia Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Dokter

113

 

WARTABUANA- Karang gigi merupakan lapisan keras pada leher gigi yang menutupi bagian perlekatan anatara gusi dan gigi bagian bawah. Karang gigi disebabkan plak yang menumpuk akibat tidak dibersihkan. Plak itu sendiri diperoleh dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang lama kelamaan menjadi karang gigi.


Karang gigi merupakan kotoran yang selalu menempel pada gigi dan sangat sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Cara membersihkan karang gigi dan mencegahnya adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Jika malas menggosok gigi maka sisa-sisa makanan dan kotoran yang ada pada gigi akan terus berkembang menjadi kerak. Oleh karenanya sikat gigi secara teratur sangatlah penting.

 

Tidak hanya menggosok gigi saja, ini dia cara lainnya:

 

Baking Soda


Baking soda bisa jadi senjata untuk hapus karang di gigi Anda. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam. Basahi sedikit sikat gigi dengan air, kemudian celupkan ke dalam campuran baking soda. Gosok gigi dengan campuran tadi dan bilas. Hal ini akan membantu menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi.

 

Mengkonsumsi Apel


Apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Ternyata tak hanya bisa membuat gigi putih tetapi juga bisa menghilangkan karang gigi. Jika anda secara teratur mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin C, seperti apel, jambu biji, jeruk, strawberry, dsb, anda akan memilliki gigi yang sehat.

 

Bata Merah


Bata merah merupakan bahan bangunan yang dapat juga digunakan merontokkan karang gigi. Caranya dengan haluskan bata merah, lalu digosokan di gigi sampai bersih. Kemudian baru berkumur dengan air bersih, untuk menghilangkan sisa bata di mulut.


Kulit Jeruk

 

Obat rumahan lain yang bisa Anda andalkan untuk menghilangkan karang gigi adalah kulit jeruk. Caranya, Anda bisa menggosokan kulit jeruk secara langsung pada gigi Anda yang berkarang. Biarkan semalam tanpa membilasnya. Hal ini akan membantu melawan pembentukan karang di dalam mulut sekaligus menjadi cara alami untuk memutihkan gigi bernoda.


Keju

 

Keju adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Sebagian ibu lebih suka memberi santapan sarapan keluarga dari makanan yang praktis, seperti roti isi sayur dan keju (sandwich) disertai segelas susu putih hangat. Tentunya sarapan semacam ini sangatlah menyehatkan.

 

Keju ternyata juga memiliki kemampuan dalam membersihkan karang gigi. Tapi pada prosesnya tidak sepraktis yang Anda pikirkan. Keju akan bekerja menetralkan asam pada mulut yang mana bisa menjembatani produksi plak. Untuk itu, konsumsilah keju atau makanan yang bercampur keju sebelum makan. Pilihlah keju yang sudah berumur, karena komponen di dalamnya akan bertindak sebagai agen pencegah.

 

Tomat dan Strawberry

 

Anda bisa mengoleskan tomat atau srawberry pada gigi. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Ini membantu untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.[]