Main Roller Coaster Dapat Menyembuhkan Batu Ginjal

94

 

WARTABUANA- Permainan roller coaster  membuat pengunjung gembira dan tegang. Tidak hanya itu, permainan ini baik untuk penyakit batu ginjal.

 

Penyakit batu ginjal memang banyak menghantui manusia modern saat ini. Gaya hidup yang gak sehat, kurang minum air putih ataupun karena faktor penyebab lainnya, membuat batu ginjal diidap gak cuma oleh orang tua tapi juga oleh anak muda.

 

Biasanya batu ginjal disembuhkan dengan cara operasi dan terapi herbal serta obat-obatan.  Namun tahukan anda sebuah penelitian terbaru di Floridina mengungkapkan dengan bermain roller coaster dapat menyembuhkan pasien penyakit batu ginjal tanpa operasi.

 

“Sudah ada bukti dari beberapa pasien bahwa permainan menegangkan ini dapat membantu menghilangkan batu ginjal kecil,” papar profesor urologi di Michigan State University College of Osteopathic Medicine, di East Lansing, Dr. David Wartinger, seperti dilansir WebMD.

 

Wartinger dan timnya melakukan percobaan pada roller coaster Big Thunder Mountain Railroad di Orlando Walt Disney World. Selanjutnya, Wartinger menggunakan printer 3D untuk membuat model silikon yang jelas dari ginjal yang berisi urine, ditambah tiga batu ginjal dengan beda ukuran. Kemudian model ginjal ini diletakkan dalam tas ransel dan membawanya saat menaiki roller coaster.

 

“Naik di roller coaster intensitas sedang bisa menguntungkan beberapa pasien dengan batu ginjal kecil. Dalam percobaan ini, kami menemukan batu ginjal memecah seperti saat pasien menerima terapi seperti lithotripsy (tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu ginjal menjadi pecahan yang halus dan keluar bersama dengan air seni),”  kata dia.

 

Duduk di baris pertama roller coaster hanya mengeluarkan 4 dari 24 batu. Duduk di baris belakang dengan gerakan lebih mengerikan mengeluarkan 23 dari 36 batu.

 

Namun, tak perlu naik roller coaster menyeramkan untuk mendapatkan hasil. “Yang penting terdapat gerakan menukik dan membelok cepat,” kata Wartinger.

 

Big Thunder Mountain Railroad melaju tak lebih dari 65 km/jam untuk jungkir balik. Naik roller coaster juga dapat mencegah batu ginjal untuk orang yang rentan.

 

Namun di balik manfaat yang dihasilkan, roller coaster tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.[]