Sering Sakit Kepala? Kenali Peyebabnya

109

 

WARTABUANA- Apakah anda sering mengalami sakit kepala? Pernahkan anda mencari tahu penyebab timbulnya sakit kepala? Mungkin ini adalah penyebab dari nyeri kepala:
 

Stres berlebihan

2/3 orang menganggap stres sebagai pemicu munculnya sakit kepala yang sebenarnya. Biasanya mereka akan berkata “aku sakit kepala karena sedang stres dan banyak pikiran”. Padahal dalam dunia medis, sakit kepala sebenarnya muncul setelah stres tersebut hilang. 

Hal ini dapat terjadi karena saat stres hilang tubuh sebenarnya telah memproduksi hormon pelawan stres tersebut, namun karena sudah sembuh hormon tersebut tidak berguna dan akhirnya menyebabkan munculnya pelebaran pembuluh darah pada otak.


Cuaca

Cuaca menjadi pemicu utama muncul sakit kepala. Walaupun tak setiap jenis cuaca menimbulkan sakit kepala, namun ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala.Memang tak mungkin mengubah cuaca, namun kita mungkin mempersiapkan diri terhadap serangan sakit kepala dengan selalu membawa obat pereda rasa sakit.


Tumor

Sakit kepala setelah berhubungan seks atau usai berolahraga juga sebaiknya jangan dianggap sepele. Menurut para ahli, hal ini bisa menjadi tanda adanya tumor atau aneurisma yang harus segera mendapatkan penanganan.


Kurang tidur

Kurang tidur juga memicu sakit kepala. Ikuti pola tidur yang berimbang : tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pecan.


Konsumsi minuman beralkohol tinggi

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala. Jenis alkohol anggur merak dikatakan efeknya lebih parah dari anggur putih, khususnya memicu efek pemicu sakit kepala.

Umumnya mereka yang mengalami sakit kepala setelah konsumsi anggur, mereka juga akan mengalami gejala sama ketika konsumsi cokelat. 


Minum

Mengkonsumsi terlalu banyak minuman tertentu seperti teh, kopi atau alkohol dapat memicu hadirnya sakit kepala. Batasi asupan teh dan kopi dalam satu hari, dan sertai dengan air putih. Dehidrasi merupakan salah satu sebab timbulnya sakit kepala.


Gegar otak

Sakit kepala yang terjadi setelah cedera biasanya mengindikasikan kondisi gegar otak. Agar tak memicu kerusakan lebih lanjut segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.


Terlalu banyak melakukan olahraga

Olahraga memang merupakan aktivitas fisik yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun memforsir olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan sirkulasi darah pada bagian otak
dan leher meningkat, sehingga menimbulkan munculnya sakit kepala.

Para ahli menyarankan agar kita tidak melakukan olahraga secara berlebihan maksimal 4 kali dalam seminggu. Masing-masing olahraga tersebut lebih baik kamu lakukan 30 menit saja. 


Kanker

Nah, sakit kepala bisa merujuk pada masalah kesehatan yang serius termasuk kanker. Bahkan sakit kepala yang terus memburuk bisa menjadi peringatan bagi siapapun untuk mewaspadai kanker. Jadi, pastikan untuk tidak mengabaikan sakit kepala terus-menerus dan segera konsultasikan ke dokter.


Terlambat makan

Terlambat makan (terutama ketika sarapan) dapat menyebabkan menurunnya kadar gula dalam darah secara cepat. Kondisi semacam inilah yang menjadi penyebab sakit kepala. Selain itu konsumsi makanan secara berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala muncul, karena konsumsi makanan berlebih menyebabkan kadar gula darah naik cukup drastis.
 

Solusinya, adalah dengan kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah cukup. Baik dari segi porsi makannya ataupun jumlah kalori. Utamakan sebelum kamu melakukan aktivitas, sarapanlah setiap pagi harinya.[]