Suka Konsumsi Beras Merah? Ini Dia Manfaatnya

117


WARTABUANA- Beras merah bisa dijadikan sebagai pengganti beras putih yang biasanya anda makan. Beras merah sangat efektif bagi kalian yang sedang menjalani diet. Namun tahukah anda ternyata tidak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya.


Ini dia manfaat beras merah bagi kesehatan:

 

Baik Untuk Pencernaan


Perlu Anda ketahui sebelumnya kalau jumlah serat pada beras merah 6 kali lipat lebih tinggi daripada beras putih. Bisa dibayangkan bukan seberapa banyaknya. Nah, serat sendiri merupakan zat yang banyak membawa manfaat untuk kesehatan pencernaan. So, dengan mengonsumsi beras merah lebih sering, saluran cerna Anda akan terjaga kesehatannya. Bahkan, serat juga membawa fungsi lain untuk mengontrol gula darah, menurunkan risiko kanker dan wasir, serta mengusir kerumunan kolesterol yang berkumpul di dalam tubuh Anda.

 

Diet


Tidak seperti beras putih yang biasanya memiliki kadar gula tinggi, beras merah justru memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik untuk diet. Selain itu, bisa mengurangi resiko diabetes.
 

 

Meningkatkan Kesehatan Tulang


Beras merah dapat meningkatkan kesehatan tulangmu! Soalnya, beras merah kaya akan kalsium dan magnesium.

 

Mencegah kanker


Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada beras merah ? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh


Beras merah kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita.

 

Mengandung Vitamin B6


Vitamin B6 tergabung ke dalam Vitamin B kompleks yang terdapat di dalam beras merah. Hanya dengan mengonsumsi satu porsi beras merah, maka kebutuhan vitamin B6 tubuh akan terpenuhi sebanyak 23%, jumlah ini bisa membawa kemajuan pada berbagai fungsi organ. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk membantu menyeimbangkan pengembangan serotonin (hormon yang membantu menciptakan DNA).

 

Baik Untuk Penderita Diabetes


Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya beralih ke beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

 

Mencegah Batu Empedu


Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.[]