Tips Terhindar Penyakit Jantung Koroner

76

WARTABUANA – Tahun 2015 sedikitnya 7 juta orang meninggal karena Jantung Koroner, sedangkan di Indonesia, lebih dari dua juta orang terkena penyakit ini di 2013. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, penyakit Jantung Koroner merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Menurut dr. Arief Aji Subakti SpJP FIHA Cardiologist, dokter spesialis jantung Siloam Hospitals Sriwijaya, Palembang,  penyakit jantung koroner merupakan kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak.

“Lemak semakin bertumpuk, arteri akan semakin menyempit. Efeknya membuat aliran darah ke jantung berkurang,” kata dr. Arief.

mengatakan selain menjaga pola makan, menurut  dr. Arief,  gaya hidup juga harus diubah untuk mencegah penyakit jantung koroner, berikut ini cara mencegahnya.

Makan Sehat

Cukupi asupan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh seperti nasi, pasta, roti, kacang-kacangan,apel, wortel, dan pisang.

Sumber makanan yang mengandung protein antara lain telur, daging tanpa lemak, susu, oatmeal, brokoli dan beberapa makanan laut seperti ikan dan udang.

Hindari mengonsumsi makanan seperti daging olahan (hotdog, sosis, daging asap), kopi yang dicampur gula, margarin, makanan kaleng, dan camilan kemasan.

Mengapa? Karena makanan tersebut dapat menyebabkan risiko penyakit kanker, diabetes, dan ginjal. Juga batasi berbagai makanan cepat saji.

Berhenti Merokok

50 persen kemungkinan untuk meninggal, setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Merokok akan menyebabkan usia berkurang 10 tahun.

Pada saat anda mengonsumsi rokok maka ada zat dopamin yang membuat anda adiktif, karena akan membuat Anda merasa nyaman, maka pada saat zat dopamin berkurang akan timbul dari Anda untuk merokok kembali.

Anda dapat lakukan dengan tiga cara, yaitu berhenti seketika, lakukan penundaan, atau lakukan pengurangan. Rokok penyebab 80 persen kematian akibat penyakit kanker paru dan memiliki risiko 3 kali lebih tinggi terkena stroke.

Baca Juga :  'Madu Hijau' Cegah Sakit Maag Saat Berpuasa

Hindari Stres

Mengenali Kebiasaan dan penyebab stres, mengubah kebiasaan buruk saat stres, memperbaiki pola hidup, luangkan waktu untuk bersantai sejenak, stay positif.

Kontrol hipertensi, kolesterol dan gula darah

Lakukan kontrol hipertensi, kolesterol, dan gula darah dengan melakukan Medical Check Up (MCU) secara berkala.

Cegah Obesitas

Dengan melakukan pola makan sehat dan cukupi asupan kandungan karbohidrat, protein, dan serat yang berimbang.

Olahraga Teratur

Kenali status kesehatan sebelum memulai olahraga, sesuaikan kemampuan Anda dan jangan memaksakan diri. Pilih olahraga yang bersifat aerobik dan lakukan dengan durasi 30 menit sebanyak 3-5 hari dalam seminggu.[]