Yuk makan Coklat dan Rasakan Manfaatnya

170


WARTABUANA- Coklat adalah makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan tidak mengenal anak-anak ataupun dewasa. Namun banyak orang yang mengatakan bahwa coklat adalah makanan yang tidak sehat, padahal coklat mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk kesehatan.


Rasa coklat sangatlah manis. Coklat bukan hanya penghilang badmood saja, namun memiliki banyak manfaat. Ini dia manfaatnya:

 

Anti depresan


Coklat bisa menjadi teman sahabat CNI ketika mengalami masalah dan sedang down. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

 

Mempertajam otak anda


Sebuah penelitian Harvard menemukan fakta bahwa meminum dua cangkir coklat panas setiap hari (pagi dan sore) bermanfaat untuk mempertajam ingatan sekaligus meningkatkan kecerdasan otak dalam berpikir. Bahkan bagi orang dewasa maupun usia lanjut, kakao mampu memperbaiki masalah kognitif akibat diabetes, hipertensi, atau penyakit pembuluh darah lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi coklat setiap pagi hari sebelum anda beraktifitas.

 

Menghambat penuaan


Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

 

Menjaga kesehatan jantung


Coklat hitam mengandung Magnesium, vitamin E dan tembaga, yang memiliki manfaat  untuk mencegah penyakit jantung. Memenuhi asupan magnesium dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat darah mengalir lebih baik, sedangkan kandungan temabag  dalam coklat dapat membantu sel darah untuk menerima oksigen.


Menurunkan tekanan darah


Konsumsi coklat setiap hari dalam jumlah kecil (sekitar 1/3 ons) sudah terbukti melalui penelitian mampu membuat tekanan darah turun. Penelitian yang dilakukan tahun 2014 ini menggunakan subjek dengan usia 18 – 23 tahun dan rutin memakan coklat selama 1 bulan. Hasilnya, mereka mengalami penurunan tekanan darah serta berkurangnya tingkat kekakuan arteri. Apa penyebabnya? Ternyata, coklat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh dengan cara meningkatkan relaksasi pada pembuluh darah arteri.

 

Melindungi kulit

 

Manfaat coklat yang lain adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Peneliti di Jerman menemukan bahwa flavonoid dalam Coklat hitam mampu menyerap sinar UV serta membantu melindungi dan meningkatkan aliran darah ke kulit.


Menurunkan berat badan


Jika anda sedang menjalani diet, sebaiknya anda mengonsumsi coklat. Coklat sudah sangat terkenal baik untuk menjaga berat badan. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang.[]