BNPB Terima Bantuan Alkes dari Jokowi Center dan Diaspora Indonesia Network China

27

WARTABUANA – Pendemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat sejumlah pihak menunjukan empati kepada sesama, tak terkecuali bagi Jokowi Center dan Diaspora Indonesia Network China yang ikut memberi bantuan berupa Alat Kesehatan (Alkes) melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Ketua Jokowi Center Aktor Anwar Fuady bersama Ketua Diaspora Indonesia Network China Yenni Thamrin yang didampingi salah satu donatur bernama Jimmy, menyerahkan bantuan ribuan Alat Kesehatan (Alkes) kepada Kepala BNPB Doni Monardo di Gedung BNPB, Jumat (24/4/2020). Bantuan Alkes tersebut antara lain dalam bentuk masker, alat rapid test dan Alat Pelindung Diri (APD).

Ketua Jokowi Center Aktor Anwar Fuady mengatakan, seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan oleh BNPB ke sejumlah rumah sakit. “Kita memberikan bantuan peralatan pencegahan Corona antara lain Rapid Test, masker dan APD. Kita berikan langsung kepada Kepala BNPB dan nanti akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit. Kita kerjasama dengan Diaspora Indonesia Network China. Ini baru pertama dan akan ada lagi yang berikutnya,” ujar Anwar Fuady didi Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur.

Anwar menambahkan bantuan ini baru kali pertama dan ke depanya akan dilakukan lagi jika kondisi pandemi Covid-19 belum  berakhir. Anwar juga menyarankan masyarakat agar tetap mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan jangan mudik saat hari raya Idul Fitri nanti.

“Kalau situasi belum membaik kita jalan terus untuk memberikan bantuan. Masyarakat harus mematuhi kebijakan pemerintah untuk di rumah saja. Lebih baik di rumah saja daripada di rumah duka. Sesudah Corona tak ada lagi, baru kita bisa melampiaskan kerinduan ke kampung halaman,” imbuh Ketua Parsi.

Sementara itu aktor senior yang mendampingi Anwar Fuady yakni Roy Marten mendukung sekali pemberian bantuan dari Jokowi Center dan Diaspora Indonesia Network China ini. Menurutnya aksi sosial ini demi kemanusian.

“Ini adalah kepedulian. Kita sadar bahwa masalah ini tidak dibatasi oleh suku, agama dan kebangsaan. Karena saya yakin saudara-saudara kita Diaspora China menyumbang ini kepada Anwar Fuady untuk diserahkan atas nama kemanusiaan. Ini bukan hanya masalah pemerintah ini harus dibantu oleh seluruh masyarakat karena ini adalah problem kita,” ujar Roy Marten.

Sedangkan Ketua Diaspora Indonesia Network China, Yenni Thamrin mengungkapkan kesedihannya dengan adanya pandemiCovid-19 ini di tanah air. Sebagai pengusaha yang berdarah Indonesia dan kerap bolak-balik Indonesia-Hong Kong.

“Bantuan ini jangan dilihat dari sisi suku, bangsa, agama dan etnis. Bahwa sesungguhnya kita ini di mata Tuhan sama. Mengenai pengumpulan donasi ini didapat dari para anggota Diaspora Indonesia Network China,” ungkap Yenni Thamrin.

Dengan adanya bantuan dari Jokowi Center dan Diaspora Indonesia Network China, Kepala BNPB Doni Monardo mengucapkan rasa terimakasihnya. “Saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dari Jokowi Center yang diketuai oleh Bapak Anwar Fuady dan Ibu Yenni Thamrin selaku Ketua Diaspora Indonesia Network China,” ujar Doni Monardo.[]